Kompas.com - 26/06/2021, 23:15 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Air beras merupakan cairan bertepung yang didapat dari hasil perendaman beras dalam air, dan dikatakan memiliki manfaat untuk kesehatan rambut.

Sudah lama orang-orang, terutama di Asia, memanfaatkan air beras ini untuk kecantikan, baik sebagai masker wajah atau untuk menutrisi rambutnya agar sehat, kuat, dan berkilau.

Shilpi Khetarpal, MD, seorang dokter kulit menjelaskan bahwa air beras memang mengandung banyak nutrisi, termasuk antioksidan yang dikenal sebagai inositol, yang disebut-sebut dapat meremajakan rambut.

Perlu diketahui bahwa air beras juga kaya akan:

  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Serat
  • Magnesium
  • Mangan
  • Seng

Manfaat air beras untuk rambut

Mereka yang sudah mencobanya mengatakan bahwa air beras dapat membuat rambut kita lebih berkilau dan lebih kuat, serta meminimalkan kekusutan yang mengganggu.

Namun, manfaatnya terhadap pertumbuhan rambut menjadi hal yang lebih populer.

Legenda mengatakan bahwa air beras telah membantu para wanita di istana kekaisaran Jepang selama periode Heian untuk menumbuhkan rambut panjang menyentuh lantai. Rambut panjang itu disebut kurokami.

Saat ini di China, air beras adalah bagian dari tradisi perawatan yang membuat kota Huangluo mendapat predikat Guinness Book of World Records sebagai “Desa dengan penduduk berambut terpanjang di dunia.”

Tapi apakah air beras benar-benar manjur?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.