Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Anemia Saat Hamil, Apakah Benar Bisa Menyebabkan Anak Lahir Prematur?

Kompas.com - 28/06/2021, 11:22 WIB
Hotria Mariana,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.comIbu hamil sangat rentan mengalami anemia atau kekurangan darah. Bila tidak ditangani, kondisi tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah serius, baik bagi ibu maupun janin.

Disebutkan dalam Konvensi Anemia Sedunia pada 2017, sebanyak 41,8 persen ibu hamil di dunia pernah mengalami anemia. Di Indonesia sendiri, berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas), kasus anemina mengalami kenaikan dari 37,1 persen pada 2013 menjadi 48,9 persen pada 2018.

Ibu hamil yang mengalami anemia biasanya akan cepat merasa lelah, lemas, pusing, serta warna kulit, bibir, dan kuku menjadi pucat. Dilansir dari laman Hematology, kondisi ini terjadi karena kebutuhan darah pada masa kehamilan meningkat sekitar 20 hingga 30 persen.

Dalam skala yang lebih berat, laman March of Dimes menyebut, anemia dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur dan mengalami berat badan lahir rendah (BBLR).

Baca juga: Anemia Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir Prematur

Sebagai informasi, kelahiran prematur adalah kelahiran yang terjadi sebelum 37 minggu kehamilan. Sementara itu, BBLR ditandai dengan berat badan bayi yang kurang dari 2,5 kilogram saat lahir.

Selain itu, jika anemia saat hamil tidak segera ditangani, ibu akan berisiko kehilangan banyak darah saat proses melahirkan.

Penyebab anemia saat hamil

Merujuk laman Mayoclinic, ada tiga penyebab anemia pada ibu hamil. Pertama, defisiensi zat besi yang terjadi saat masa kehamilan maupun sebelum hamil.

Tanpa zat besi, tubuh tidak akan mampu memproduksi hemoglobin yang menjadi salah satu bahan pembentuk sel darah merah.

Baca juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

Kedua, akibat kekurangan asupan asam folat atau vitamin B9 yang bersumber dari makanan. Selain itu, defisiensi asam folat juga dapat terjadi karena malabsorpsi atau ketidakmampuan tubuh menyerap nutrisi secara efektif.

Asam folat sendiri berfungsi menjaga kesehatan janin secara keseluruhan, serta membantu tubuh memproduksi sejumlah protein yang dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan deoxyribonucleic acid (DNA).

Untuk diketahui, pemenuhan asam folat pada masa kehamilan mampu menekan risiko kelahiran cacat hingga 72 persen.

Ketiga, defisiensi B12. Selain memicu anemia pada masa kehamilan, kekurangan nutrisi ini juga akan menyebabkan tubuh mengalami gangguan pencernaan, seperti Coeliac dan Crohn (radang usus). Kedua masalah kesehatan itu mengakibatkan tubuh tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Baca juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

Mengatasi anemia saat hamil

Mengatasi anemia saat hamil bisa dimulai dengan mengatur pola makan dan memenuhi asupan nutrisi khusus, seperti zat besi dan asam folat.

Kedua nutrien tersebut dapat ditemukan pada daging, makanan laut, telur matang, sayuran hijau, produk susu dan olahannya, jeruk, serta kacang-kacangan.

Cara kedua dan paling efektif dalam mengatasi anemia saat hamil adalah dengan mengonsumsi sumplemen penambah darah.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com