Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akankah Smartwatch Samsung Terbaru Ungguli Apple Watch?

Kompas.com - 28/06/2021, 16:31 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Korea Selatan, Samsung, dikabarkan akan segera meluncurkan smartphone Galaxy fold and flip generasi berikutnya, bersama dengan smartwatch Galaxy Watch 4.

Nah, informasi mengenai produk jam tangan pintar terbaru Samsung ini sudah bocor di internet sebelum resmi dirilis pada bulan Agustus mendatang.

Baca juga: Samsung Bikin Jam Tangan Pintar Galaxy Watch 4, Apa Kelebihannya?

Rumor terbaru menyebutkan, Galaxy Watch 4 bakal memiliki fitur yang mutakhir untuk mengukur lemak tubuh, dengan dibekali prosesor terbaru.

Seorang penulis teknologi terkenal, Max Winebach menyebut, Galaxy Watch 4 akan memiliki fitur BIA atau Bio-Electrical Impedance Analysis yang dapat mengukur komposisi lemak tubuh.

Fitur ini berfungsi untuk membantu pengguna mengetahui persentase lemak tubuh, dan memberi tahu banyak hal tentang penurunan berat badan.

Baca juga: Smartwatch Garmin Bisa Pantau Kualitas Tidur, Begini Cara Kerjanya

Diketahui, fitur ini sempat berada di arloji pintar dari Amerika Serikat, Apple Watch, dan kemudian menghilang hingga sekarang.

Lalu, rumor besar lainnya terkait smartwatch milik Samsung ini adalah penggunaan sistem operasi Wear OS terbaru yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Google.

"Samsung dan Google memiliki sejarah kolaborasi yang panjang. Sekarang, kami menghadirkan yang terbaik dari Wear dan Tizen ke dalam satu platform terpadu," kata pihak Google di bulan Mei lalu.

"Kami ingin saling menggabungkan kekuatan agar smartwatch ini bisa memiliki kinerja yang lebih cepat, masa pakai baterai lebih lama, dan lebih banyak tersedia aplikasi yang kita sukai."

Baca juga: Samsung Gandeng Adidas Bikin Galaxy Buds Pro Spesial, Seperti Apa?

Berdasarkan data dari Counterpoint Research, secara global Apple mendominasi pangsa pasar smartwatch.

Namun, Samsung dan Google optimistis kerja sama yang mereka lakukan akan membuat Galaxy Watch 4 jauh lebih unggul dibandingkan dengan Apple Watch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com