Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2021, 14:49 WIB
Intan Pitaloka,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oatmeal dikenal sebagai makanan sehat berkat sederet manfaatnya. Konsumsi oatmeal diketahui dapat menurunkan berat badan, kadar kolesterol jahat, mengurangi risiko penyakit kronis, dan tinggi serat.

Penelitian menunjukkan bagaimana makan oatmeal dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh kita dalam berbagai cara,  termasuk beberapa efek rahasia yang mungkin belum pernah kita dengar sebelumnya.

Nah, berikut ini adalah efek rahasia yang luar biasa dari mengonsumsi oatmeal:

1.  Menekan nafsu makan 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of American College of Nutrition, oatmeal terbukti meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar, lebih dari sereal sarapan rata-rata.

Selain itu, makan oatmeal untuk sarapan dapat menurunkan asupan kalori saat makan siang secara signifikan. Ini karena kita merasa puas setelah makan semangkuk oatmeal dan akhirnya makan lebih sedikit untuk berikutnya.

Baca juga: 4 Cara Sehat Konsumsi Oatmeal

2. Mengandung antioksidan untuk melawan peradangan

Selain menurunkan kolesterol dan membuat kita kenyang lebih lama, oatmeal juga mengandung antioksidan yang disebut avenanthramides, sejenis polifenol yang menurut penelitian memiliki efek anti-inflamasi.

Antioksidan ini juga telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah dengan meningkatkan produksi oksida nitrat, yang juga menurunkan risiko aterosklerosis, penyempitan arteri akibat penumpukan kolesterol.

Baca juga: Meski Jarang Terjadi, Sindrom Peradangan Bisa Menyerang Orang Dewasa Pasca Covid-19

3. Meningkatkan respons insulin

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, oat adalah sumber beta glukan yang kuat, serat makanan yang larut dalam air yang memiliki peran penting dalam meningkatkan respons insulin.

Oatmeal membantu mengontrol glukosa, yang sangat penting bagi yang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Insulin berperan membantu mengelola gula darah kita, dan apabila tanpa respons yang baik, maka tubuh kita bisa mengalami kenaikan berat badan.

4. Membantu meningkatkan kesehatan usus

Oatmeal merupakan jenis prebiotik bahan bagi probiotik berkat serat beta-glukannya. Ini dapat membantu memperkuat bakteri usus kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com