Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Kegiatan Waktu Berkualitas di Hari Keluarga Nasional

Kompas.com - 29/06/2021, 15:30 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Selama pandemi Covid-19, sebagian besar keluarga hampir selalu bersama-sama keluarganya selama 24 jam di rumah. Meski demikian, tak jarang masing-masing sibuk sendiri.

Memperingati Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap 29 Juni, coba evaluasi kembali apakah selama ini kita sudah meluangkan waktu berkualitas (quality time) bersama keluarga.

Hari Keluarga Nasional merupakan peringatan untuk mengingat pentingnya peran dan nilai keluarga sebagai unit sosial terkecil di masyarakat.

Lewat perayaan ini kita sebagai orangtua diajak untuk meluangkan waktu berkualitas bersama anak, memeberi perhatian, dan membuat anak merasa penting.

Melakukan kegiatan menyenangkan bersama orangtua dan anak terbukti bermanfaat positif bagi pertumbuhan anak, antara lain membuat komunikasi lebih lancar, meningkatkan rasa percaya diri, hingga membuat anak belajar meniru perilaku positif orangtuanya.

Baca juga: Hindari 5 Hal yang Dapat Membuat Anak Berperilaku Buruk

Berikut adalah ide kegiatan waktu berkualitas yang bisa dilakukan di rumah:

- Bermain bersama
Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan tetapi juga bisa memuat anak belajar banyak hal. Lewat permainan anak bisa belajar menghadapi masalah dan meningkatkan kemampuan motorik. Pilihlah permaianan yang bisa dimainkan sekeluarga seperti board game.

- Cerita nostalgia
Mendengarkan cerita merupakan kegiatan yang disukai anak-anak. Tak harus dibacakan dongeng, orangtua juga bisa berbagi cerita nostalgia masa kecil, masa sekolah, atau bahkan perkenalan pertama dengan ayah atau ibunya. Cerita pengalaman juga bisa memantik diskusi yang seru dengan anak.

- Jalan-jalan virtual
Berkat internet kini kita bisa menjelajahi berbagai penjuru bumi dari rumah. Anda bisa mencari berbagai perjalanan virtual secara online dan tanyakan pada si kecil tempat atau negara mana yang ingin mereka kunjungi.

Baca juga: Catat, Ini Ide Aktivitas Seru di Rumah untuk Anggota Keluarga Saat Libur

- Nonton film
Ribuan judul film dan serial televisi kini bisa kita nikmati dari rumah. Pilih film yang memiliki nilai positif yang ingin kita sampaikan atau film favorit anak untuk ditonton bersama.

Anda juga bisa mendedikasikan satu malam khusus sebagai “movie night”. Siapkan pop corn, matikan lampu, dan nikmati film-film seru bersama keluarga. Setelah selesai menonton, ajak anak menceritakan kembali bagian film yang disukainya dan tanyakan alasannya.

- Masak dan mkan bersama
Walau hampir setiap hari selalu makan di rumah selama pandemi, tak ada salahnya memasak menu istimewa untuk dinikmati di akhir pekan. Kita juga bisa mengajak anak-anak menyiapkan makanan bersama di dapur.

Baca juga: Kenali Nutrisi Utama Keju Ricotta dan Ide Mengolahnya

Sebagai inspirasi menu masakan mudah dan bergizi, kita bisa melihat beberapa resep dari pemenang lomba #ResepKreasiGreendfileds di akun Instagram @Greenfields.id

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Greenfields ID (@greenfields.id)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com