Kompas.com - 29/06/2021, 15:47 WIB
Ilustrasi anak bermain gadget techcrunch.comIlustrasi anak bermain gadget

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat seluruh kegiatan belajar terpusat di rumah, sehingga rutinitas screen time pada anak-anak pun meningkat.

Para ahli kesehatan mengatakan, peningkatan screen time adalah penyebab utama miopia atau rabun jauh yang membuat kita tidak dapat melihat sesuatu dalam jarak jauh.

Pada tahun 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Ophthalmology menemukan, hampir tiga kali lebih banyak anak-anak antara usia 6-8 tahun mengalami gejala rabun jauh.

Baca juga: Ukuran Pupil Mata Bisa Jadi Penanda Kecerdasan, Ini Penjelasannya

Sementara itu, Kepala Oftalmologi di Rumah Sakit Anak Colorado, Dr Emily McCourt mengungkapkan, menghabiskan waktu lama di depan layar memang sebuah masalah.

"Seiring waktu, peningkatan screen time dapat menyebabkan hilangnya kemampuan mata untuk fokus pada objek yang jauh," ujar dia.

Untuk alasan ini, dia menganjurkan agar anak-anak memiliki waktu istirahat dari screen time guna mencegah potensi terkena rabun jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Kantong Mata dan Mata Panda

Menurut McCourt, satu-satunya tindakan yang terbukti dapat mencegah miopia adalah waktu bermain di luar rumah yang cukup bagi anak-anak.

American Academy of Ophthalmology juga menyatakan, waktu di luar ruangan dapat membantu mencegah anak-anak dari rabun jauh.

Apabila orangtua dapat menyeimbangkan screen time dengan bermain di luar ruangan, maka anak-anak bisa terhindar dari rabun jauh, dan pengelihatan mereka akan terlindungi dalam jangka panjang.

Baca juga: Kebanyakan Main Gawai Penyebab Rabun Jauh pada Anak?

Tetapi, bagi anak-anak yang sudah hidup dengan rabun jauh, McCourt merekomendasikan supaya orangtua dapat memberikannya lensa kontak atau obat tetes mata khusus.

"Lensa kontak multi-fokus dan obat tetes pelebaran atropin mungkin dapat membantu mengurangi perkembangan rabun jauh," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.