Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai, Efek "Screen Time" Berlebihan bagi Mata Anak

Kompas.com - 29/06/2021, 15:47 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Moms

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat seluruh kegiatan belajar terpusat di rumah, sehingga rutinitas screen time pada anak-anak pun meningkat.

Para ahli kesehatan mengatakan, peningkatan screen time adalah penyebab utama miopia atau rabun jauh yang membuat kita tidak dapat melihat sesuatu dalam jarak jauh.

Pada tahun 2020, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Ophthalmology menemukan, hampir tiga kali lebih banyak anak-anak antara usia 6-8 tahun mengalami gejala rabun jauh.

Baca juga: Ukuran Pupil Mata Bisa Jadi Penanda Kecerdasan, Ini Penjelasannya

Sementara itu, Kepala Oftalmologi di Rumah Sakit Anak Colorado, Dr Emily McCourt mengungkapkan, menghabiskan waktu lama di depan layar memang sebuah masalah.

"Seiring waktu, peningkatan screen time dapat menyebabkan hilangnya kemampuan mata untuk fokus pada objek yang jauh," ujar dia.

Untuk alasan ini, dia menganjurkan agar anak-anak memiliki waktu istirahat dari screen time guna mencegah potensi terkena rabun jauh.

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Kantong Mata dan Mata Panda

Menurut McCourt, satu-satunya tindakan yang terbukti dapat mencegah miopia adalah waktu bermain di luar rumah yang cukup bagi anak-anak.

American Academy of Ophthalmology juga menyatakan, waktu di luar ruangan dapat membantu mencegah anak-anak dari rabun jauh.

Apabila orangtua dapat menyeimbangkan screen time dengan bermain di luar ruangan, maka anak-anak bisa terhindar dari rabun jauh, dan pengelihatan mereka akan terlindungi dalam jangka panjang.

Baca juga: Kebanyakan Main Gawai Penyebab Rabun Jauh pada Anak?

Tetapi, bagi anak-anak yang sudah hidup dengan rabun jauh, McCourt merekomendasikan supaya orangtua dapat memberikannya lensa kontak atau obat tetes mata khusus.

"Lensa kontak multi-fokus dan obat tetes pelebaran atropin mungkin dapat membantu mengurangi perkembangan rabun jauh," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Moms
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com