Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Kenali Indikasi Perilaku KDRT Sejak Pacaran

Kompas.com - 29/06/2021, 18:18 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Media sosial belum lama ini ramai dengan kabar kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang diduga dilakukan oleh Attila Syah. Mantan model dan bintang sinetron ini dituduh melakukan tindak kekerasan kepada mantan istrinya, Bunga Sophia.

Seperti dimuat di Kompas.com pada Senin (28/06/2021), Attila telah ditetapkan sebagai tersangka setelah menjalani pemeriksaan oleh penyidik dari Polres Jakarta Selatan.

Belum jelas tindakan kekerasan seperti apa yang dilakukan oleh pria yang juga mantan suami Wulan Guritno ini, namun dikatakannya efeknya mempengaruhi psikologis korban.

Korban KDRT memang bukan hanya mengalami dampak fisik namun juga psikologi dan emosional. Karena itulah, kita dianjurkan untuk sedari dini mengenali pasangan khususnya sebelum membangun rumah tangga.

Baca juga: Attila Syach Jadi Tersangka KDRT, Ingin Permasalahan Berakhir Damai

Fuye Ongko, Associate Psychologist Yayasan Pulih yang fokus pada isu kekerasan seksual mengatakan sulit untuk meramalkan perilaku seseorang berkaitan dengan KDRT.

Namun ada sejumlah indikasi yang bisa kita cermati sebelum benar-benar yakin untuk menikah.

"Perhatikan perilaku ketika pacaran, khususnya dalam hal menyelesaikan masalah atau dalam menyikapi perbedaan pendapat," terangnya dalam webinar bertema Kekerasan Seksual: Perspektif Klinis dan Hukum serta bagaimana Penanganannya pada Selasa (29/06/2021).

Ia menekankan, pentingnya memiliki relasi yang sehat bersama pasangan sejak masih di fase pernikahan. Kebiasaan ini akan menjadi modal yang baik untuk dibawa ke pernikahan.

Baca juga: Cegah Penyesalan, Pertimbangkan Dulu Ini Sebelum Menikah Muda

Menurutnya, sikap menghormati dan menghargai kepada pasangan juga menjadi pertanda yang positif.

Sebaliknya, Fuye menekankan, apabila seseorang cenderung melakukan kekerasan, dalam bentuk apapun ketika berteman atau berpacaran, maka bisa menjadi gejala yang mengkhawatirkan. 

Sebaiknya pertimbangkan ulang keputusan untuk menjalin hubungan yang lebih serius, khususnya jika tidak ada perubahan.

Umumnya, banyak orang terlena dan beranggapan perilaku buruk tersebut akan berubah setelah menikah. Keputusan gegabah itu kerapkali berujung dengan celaka karena kita terlanjur menjadi korban KDRT.

Baca juga: Kenali Bentuk Baru KDRT Lewat Gadget dan Media Sosial

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com