Mengajak Anak Mengenal Diri melalui "Art Therapy"

Kompas.com - 01/07/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi anak shutterstockIlustrasi anak
Editor Wisnubrata

Oleh: Untung Subroto

SEBAGAI orangtua, pernahkah Anda menanyakan kepada putra-putri Anda, fakultas apa yang akan mereka pilih setelah lulus SMA nanti?

Barangkali buah hati Anda tidak mengetahui dengan pasti jurusan yang akan ia pilih. "Masih bingung, karena aku ragu-ragu," mungkin ini jawaban mereka.

Sebagai pendidik pernahkah Anda menanyakan apa kekuatan yang dimiliki oleh siswa Anda, tapi alih-alih menjawab kekuatan, siswa Anda lebih banyak menjabarkan tentang kelemahan yang ia miliki.

Saya jadi ingat, sebagai seorang psikolog klinis yang juga pernah bekerja untuk urusan rekruitmen yang melakukan tugas wawancara pada pencari kerja pemula, beberapa tahun yang lalu.

Ketika diminta untuk menjabarkan apa kekuatan yang dapat ia gunakan dalam bekerja, dan apa kelemahan yang sekiranya dapat menghambat ia dalam bekerja, masih ada saja kandidat yang lebih berapi-api menjelaskan tentang apa yang menjadi kelemahan dibandingkan kekuatan yang dimiliki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan ada yang tidak dapat menjelaskan kekuatan yang sesungguhnya dimiliki oleh semua orang.

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman memberikan materi mengenal diri pada siswa SMA di beberapa tempat di Indonesia dan dilakukan secara daring. 

Ternyata masih ada siswa kelas 12 yang belum tahu jurusan yang akan ia pilih saat kuliah nanti.

Mengenal diri adalah kemampuan seseorang untuk memahami dirinya sendiri, baik mencakup karakter fisik, sifat, termasuk kekuatan dan kelemahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.