Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Untar untuk Indonesia
Akademisi

Platform akademisi Universitas Tarumanagara guna menyebarluaskan atau diseminasi hasil riset terkini kepada khalayak luas untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Mengajak Anak Mengenal Diri melalui "Art Therapy"

Kompas.com - 01/07/2021, 12:05 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Editor Wisnubrata

Oleh: Untung Subroto

SEBAGAI orangtua, pernahkah Anda menanyakan kepada putra-putri Anda, fakultas apa yang akan mereka pilih setelah lulus SMA nanti?

Barangkali buah hati Anda tidak mengetahui dengan pasti jurusan yang akan ia pilih. "Masih bingung, karena aku ragu-ragu," mungkin ini jawaban mereka.

Sebagai pendidik pernahkah Anda menanyakan apa kekuatan yang dimiliki oleh siswa Anda, tapi alih-alih menjawab kekuatan, siswa Anda lebih banyak menjabarkan tentang kelemahan yang ia miliki.

Saya jadi ingat, sebagai seorang psikolog klinis yang juga pernah bekerja untuk urusan rekruitmen yang melakukan tugas wawancara pada pencari kerja pemula, beberapa tahun yang lalu.

Ketika diminta untuk menjabarkan apa kekuatan yang dapat ia gunakan dalam bekerja, dan apa kelemahan yang sekiranya dapat menghambat ia dalam bekerja, masih ada saja kandidat yang lebih berapi-api menjelaskan tentang apa yang menjadi kelemahan dibandingkan kekuatan yang dimiliki.

Bahkan ada yang tidak dapat menjelaskan kekuatan yang sesungguhnya dimiliki oleh semua orang.

Tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman memberikan materi mengenal diri pada siswa SMA di beberapa tempat di Indonesia dan dilakukan secara daring. 

Ternyata masih ada siswa kelas 12 yang belum tahu jurusan yang akan ia pilih saat kuliah nanti.

Mengenal diri adalah kemampuan seseorang untuk memahami dirinya sendiri, baik mencakup karakter fisik, sifat, termasuk kekuatan dan kelemahan.

Karakter fisik yang dimaksud adalah kemampuan untuk mengenali bentuk tubuh, warna kulit, bagian tubuh yang sering sakit dan sebagainya.

Kemampuan mengenal karakter dan sifat di antaranya kemampuan memahami sifat dasar seseorang misalnya ramah, penolong, tidak sabar dan sebagainya.

Kemampuan ini juga tentu saja dibarengi dengan kemampuan untuk mengenal kekuatan dan kelemahan yang dimiliki seseorang.

Misalnya bisa saja seseorang memiliki kekuatan dalam aspek kecerdasan tapi sering menunda pekerjaan yang merupakan kelemahan dalam dirinya.

Mengapa kita penting mengenal diri? Karena dengan mengenal diri, seseorang dapat mengenal kenyataan diri, mengetahui tujuan dan peran diri, serta dapat mewujudkan apa yang menjadi keinginan dirinya.

Bahkan, menurut seorang pakar psikologi Carol Diene Ryff, seseorang yang dapat mengenal diri dengan baik, dapat menentukan arah, dan berkembang memenuhi potensi diri agar mencapai kesejahteraan psikologis.

Terdapat berbagai cara untuk mengenal diri, antara lain melalui berbagai macam tes psikologi, misalnya tes kecerdasan, tes minat bakat, tes kemandirian, tes kepemimpinan, tes kepribadian dan lain-lain.

Selain tes ada juga yang dapat dilakukan pendidik dan orangtua dalam rangka mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal diri, diantaranya adalah art therapy.

Bagaimana art therapy dalam hal ini menggambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal diri?

Menurut Gussak, DE & Rosal, ML (2016), art therapy adalah sebuah proses kreatif dalam seni untuk memperbaiki, membuat kesejahteraan fisik, emosional, dan mental seseorang menjadi lebih baik.

Art therapy juga dapat membantu proses seseorang mengekspresikan diri ke luar, menyelesaikan konflik dan masalah, membangun keterampilan intrapersonal dan interpersonal, mengatur perilaku, mengurangi tekanan, meningkatkan self esteem hingga meningkatkan kesadaran diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com