Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Perawatan Kulit dari Almond yang Makin Ramah Lingkungan

Kompas.com - 01/07/2021, 19:51 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Semakin banyak orang yang menghargai dan ingin menjaga lingkungan saat ini. Kecenderungan tersebut tumbuh terutama di kalangan mereka yang mencintai kehidupan dan kemanusiaan.

Tak heran bila dalam banyak hal, orang makin sadar memilah sampah, mengurangi produk plastik sekali pakai, hingga memilih produk yang alami.

Kesadaran itu berkembang antara lain berkat banyak perusahaan yang juga makin menyadari pentingnya melestarikan lingkungan, sehingga membuat mereka menghadirkan produk-produk natural yang ramah lingkungan.

Salah satunya adalah L'Occitane. Brand perawatan asal Provence, Perancis ini sejak lama dikenal dengan produk yang menggunakan bahan alami.

L'Occitane bahkan membuat kriteria sendiri yang melampaui regulasi yang berlaku untuk meminimalkan dampak pada lingkungan. Mereka secara terbuka menyebutkan bahan apa saja yang dipakai dalam produknya, dan apa yang dihindari.

Almond shower oil dan almond milk concentrate dari L'OccitaneL'Occitane Almond shower oil dan almond milk concentrate dari L'Occitane
Nah terkait kriteria yang disebut Clean Charter itu, L'Occitane merilis rangkaian produk berbahan almond baru yang lebih ramah lingkungan, baik dari bahan, proses pembuatan, hingga kemasannya.

Rangkaian produk yang terdiri dari almond milk concentrate dan shower oil ini menggunakan 95 persen bahan alami, dan bebas silikon maupun parabens.

Kemasan untuk produk milk concentrate juga menggunakan wadah kaca yang lebih ramping, yang 31 persennya terbuat dari kaca daur ulang. Sedangkan tutupnya menggunakan aluminium untuk menggantikan tutup plastik.

Namun yang lebih mengesankan, produk ini menggunakan biji almond yang berasal dari wilayah Perancis Selatan. Pohon-pohon almond yang pernah terlupakan di sana, telah ditumbuhkan lagi oleh petani setempat dengan dukungan L'Occitane.

Para petani itu membudidayakan almond secara alami tanpa bahan kimia dan memanennya secara tradisional. Semua ini dilakukan untuk meminimalkan dampak bagi lingkungan.

Baca juga: Kisah Pohon Almond dalam Kalender Adven LÓccitane

Mengenai produknya, almond sendiri dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin E dan antioksidan pada almond dapat membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak kulit, sekaligus mengurangi kerutan.

Sedangkan asam lemak Omega 6 dan 9 yang terkandung dalam kacang almond bisa membantu melembapkan kulit sekaligus menghidrasi kulit, dan membuatnya semakin lembut.

Lalu kandungan biotin-nya berfungsi untuk menjaga kulit agar tetap kenyal, serta mengobati kulit yang sangat kering dan mengalami iritasi.

Nah selain aromanya yang enak, produk almond dari L'Occitane juga dimaksudkan untuk menjaga kulit agar tetap lembap, lembut, dan halus hingga 6 jam setelah digunakan.

Kita bisa menggunakan almond shower oil untuk menggantikan sabun. Minyak almond ini akan menghasilkan busa bila terkena air, dan terasa lembut di kulit.

Sedangkan almond milk concentrate digunakan setelah mandi, sebagai pelembap sekaligus memberikan berbagai manfaat kesehatan untuk kulit.

Baca juga: Kulit Sehat dan Rambut Indah dengan Almond dari Provence

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com