Kompas.com - 02/07/2021, 09:47 WIB

KOMPAS.com - Jerawat menjadi masalah kulit yang dialami oleh banyak orang, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Sebagian kasus jerawat dapat tuntas dengan produk perawatan kulit yang dijual bebas, namun sebagian lainnya memerlukan penanganan dokter.

Jika melakukan perawatan menghilangkan jerawat di klinik kecantikan, berapa lama jerawat hilang atau perawatan mulai menunjukkan hasil?

Menurut dr Sherly Fajariani Putri dari Dermies mengatakan, hasil perawatan sebetulnya akan berbeda-beda pada setiap orang tergantung pada kondisi keparahan jerawatnya.

Namun, kasus jerawat ringan sebetulnya sudah mulai menunjukkan hasil dalam waktu satu bulan.

"Jika pasien datang dengan kondisi acne fase 1 biasanya sudah mulai membaik ada yang satu bulan sudah membaik atau 2-3 bulan membaik," ujarnya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sementara jika ingin melihat hasil hingga noda bekas jerawat hilang, biasanya waktu yang diperlukan cenderung lebih lama, bisa mencapai 4-6 bulan.

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bisa Atasi Luka Bekas Jerawat

Pada umumnya, kata dia, pasien sudah merasakan adanya perubahan pada kulit dalam satu bulan perawatan dan dibarengi penggunaan skincare rutin yang tepat.

Adapun beberapa tanda skincare yang kita gunakan tidak tepat antara lain muncul kemerahan, rasa gatal, perih, atau pun panas yang tak kunjung mereda.

Selain itu, alih-alih menghilangkan jerawat, produk tersebut justru memicu pertumbuhan lebih banyak jerawat (breakout).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.