Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Makna Busana Patung Putri Diana yang Sarat Kenangan

Kompas.com - 02/07/2021, 12:05 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Patung Putri Diana baru saja diresmikan di Taman Sunken, Istana Kensington, London, Inggris pada Kamis (01/07/2021).

Selama ini penampakan patung perunggu itu begitu ditunggu-tunggu oleh publik. Banyak yang tak sabar menantikan kecantikannya yang melegenda dipahat di atas sebuah patung.

Salah satu yang paling membuat penasaran ialah outfit patung tersebut. Maklum saja, Diana dikenal sebagai bangsawan dengan selera fashion tinggi. Penampilannya, termasuk pilihan busana dan perhiasan, menginspirasi tren mode di dunia.

Patung karya Ian Rank-Broadley yang baru diungkap ke publik ini menampilkan Diana dalam busana smart kasual yang bergaya semi formal.

Baca juga: 4 Fakta tentang Patung Putri Diana yang Baru Diresmikan

Pakaiannya terdiri dari kemeja berkerah yang dibuka lebar dan lipit depan, serta rok pensil berpinggang tinggi yang dilengkapi sabuk bermata besar.

Pemilihan busana patung itu mungkin tidak biasa karena mantan istri Pangeran Charles ini dikenal dengan gaun mewah nan indah dan pakaian modis sekaligus berani untuk ukuran anggota kerajaan di era tersebut.

Namun outfit tersebut dipilih karena dianggap lebih klasik dan sesuai dengan makna patung tersebut secara lebih luas.

Pakaian itu sangat cocok dengan patung yang dimaksudkan untuk menggambarkan kehangatan dan rasa kemanusiaan yang tinggi dari wanita itu.

Baca juga: Pangeran Charles Tak Akan Hadiri Peresmian Patung Putri Diana

Menurut Istana Kensington, pakaian itu didasarkan pada periode terakhir hidupnya saat dia mendapatkan kepercayaan dalam perannya sebagai duta besar untuk tujuan kemanusiaan dan bertujuan untuk menyampaikan karakter dan kasih sayang.

Selain sebagai istri pewaris takhta Kerajaan Inggris, Diana memang dikenal dengan berbagai kerja kemanusiaan yang dilakukannya. Ia terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan melakukan banyak terobosan.

Semasa hidupnya, ia aktif melakukan advokasi demi menghapus stigma negatif terhadap orang dengan HIV/AIDS termasuk dengan bersentuhan langsung dengan para penderitanya. Pada masa itu, hal tersebut masih dianggap berbahaya karena stigma yang masih melekat di masyarakat.

Putri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih. Hasil tangkap layar Evoke Putri Diana diabadikan saat mengenakan celana panjang motif kotak-kotak berwarna merah muda yang serasi dengan jumper merah muda dan kemeja putih.

Sarat Kenangan Bersama Pangeran William dan Pangeran Harry

Sosok Putri Diana memang sangat berarti bagi kedua putranya, Pangeran William dan Pangeran Harry. Keduanya yang menginisiasi pembuatan patung perunggu ini sebagai bagian dari penghormatan terdalam untuk ibunya.

Lokasinya juga dipilih di Taman Sunken, yang disebut sebagai lokasi favorit Diana kala masih tinggi di lingkungan istana.

Busana patung Putri Diana ini juga ternyata sarat kenangan manis bagi kedua putranya itu. Semasa hidupnya, Princess of Wales itu ternyata pernah mengenakan pakaian yang serupa.

Hal itu terungkap dari potret yang dijadikan kartu Natal kerajaan pada tahun 1993 silam. Saat itu, Diana mengenakan pakaian yang sama persis seperti di patung ketika berpose diapit kedua buah hatinya. 

Baca juga: Pangeran William dan Harry Diharap “Rujuk” saat Acara Peringatan Patung Putri Diana

Ada sedikit perbedaan pada gaya potongan rambut yang dikenakan Diana, namun sisanya sama yakni blus berkerah dengan detail lipit yang terbuka, rok pensil dan ikat pinggang bermata besar yang chic di zamannya itu.

Dalam foto 28 tahun yang lalu itu, Pangeran Harry yang baru berusia sembilan tahun sedang menatap penuh kasih pada ibunya. Sementara Diana menoleh ke Pangeran William yang memandang lurus ke kamera.

Pada masa itu, kehidupan keluarga mereka masih sangat berbahagia meski kerap jadi sorotan publik. Tak lama setelahnya, konflik rumah tangga Putri Diana dan Pangeran Charles memanas dan berujung pada perceraian.

Baca juga: Istana Kensington Pamerkan Gaun Pengantin Ikonik Putri Diana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com