Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Olahraga untuk Turunkan Berat Badan bagi Wanita Menopause

Kompas.com - 02/07/2021, 12:19 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

3. Latihan kekuatan

Kebanyakan orang tidak menyamakan latihan kekuatan dengan penurunan berat badan, tetapi itu karena kebanyakan orang tidak melatih kekuatan dengan benar.

Jika kita pernah mengambil koper yang berat atau memindahkan beberapa perabotan, kita mungkin memerhatikan bahwa detak jantung akan meningkat cukup cepat.

Meskipun ini bukan latihan kardiovaskular, itu masih bisa menjadi intens jika apa yang kita angkat berat.

Latihan kekuatan menyebabkan efek "after burn". Artinya, saat kita melakukan latihan kekuatan, jaringan otot akan rusak.

Proses perbaikan datang ketika latihan selesai, tetapi saat proses ini sedang berlangsung, tubuh tetap membakar kalori, karena tubuh masih bekerja keras, meski kita tidak dapat melihat atau merasakannya.

Lalu semakin banyak otot yang kita miliki, semakin banyak kalori yang terbakar.

Kelebihan

Latihan kekuatan terbukti meningkatkan kepadatan tulang, menurunkan risiko osteoporosis — masalah umum yang menyerang wanita seiring bertambahnya usia dan mengalami menopause.

Latihan kekuatan juga mempertahankan dan membangun massa otot, penting seiring bertambahnya usia dan massa otot menurun.

Kekurangan

Tidak semua orang tahu bagaimana atau apa yang harus dilakukan dalam hal latihan kekuatan, dan melakukan latihan yang tidak benar dapat menyebabkan cedera.

Jika kita tidak memiliki akses untuk latihan beban atau mesin, latihan kekuatan akan menjadi tantangan.

Namun, ini bukan tidak mungkin. Kita tetap dapat menggunakan berat badan untuk melakukan gerakan seperti push-up, plank, atau pun skuats.

Pembakaran kalori dengan latihan kekuatan tidak signifikan -sekitar 90 kalori untuk orang seberat 57 kilogram, selama sesi 30 menit.

Namun sisi positifnya, fakta itu akan meningkatkan metabolisme. Sebab setelah selesai berolahraga, tubuh akan membakar lebih banyak kalori dalam rentang lebih lama setelah latihan selesai.

 

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com