Kompas.com - 02/07/2021, 12:47 WIB
Aktris, model sekaligus salah satu pendiri kedai kopi Kisaku, Raline Shah, ketika menghadiri konferensi pers Jumat, (2/7/2021). TANGKAP LAYAR KONFERENSI PERS VIRTUAL KISAKU X SHOP AT VELVETAktris, model sekaligus salah satu pendiri kedai kopi Kisaku, Raline Shah, ketika menghadiri konferensi pers Jumat, (2/7/2021).

KOMPAS.com - Kepercayaan diri memang bisa berdampak besar terhadap kehidupan seseorang. Namun, kepercayaan diri faktanya tak selalu mudah untuk dimiliki.

Aktris dan model Raline Shah berbagi cerita bagaimana dirinya tahun lalu mengalami krisis percaya diri karena rangkaian permasalahan yang dihadapi.

Mulai dari berat badan yang naik, masalah kulit, hingga putus cinta.

"Jadi sudah kayak...OMG. Kadang kita kan kalau gagal dalam sebuah hubungan merasa self worth kita down banget dan ini manusiawi sekali."

"Jadi wanita, umur sudah segini dengan pandangan wanita di Indonesia di atas 30 tahun sudah harus menikah. Itu lumayan menaruh beban di pikiran aku dan lumayan meracuni," katanya dalam sebuah konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Baca juga: Usia 30 Tahun Belum Menikah? Bukan Masalah

Krisis kepercayaan diri membuat banyak aspek kehidupannya terganggu, termasuk pekerjaan.

Di titik itu, bintang film 5 cm itu mulai mempertanyakan pikiran-pikiran "toksik" di dalam dirinya, seperti hal yang berkaitan dengan bentuk tubuh dan penampilan.

"Setelah itu aku paham, kenapa aku harus kurus? Kenapa memangnya kalau kulit kita jelek? Kenapa kita harus selalu perfect? Kan itu enggak manusiawi untuk menghadapkan diri kita selalu seperti itu," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Raline membagikan beberapa tips percaya diri yang bisa kita praktikkan, di antaranya:

1. Self-talk yang positif

Di momen dirinya mengalami krisis kepercayaan diri, Raline mencoba memperbaiki komunikasi dengan dirinya sendiri.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.