Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/07/2021, 15:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Situasi pandemi menimbulkan perasaan berbeda-beda bagi setiap orang. Ketidakpastian dan batasan-batasan yang ada mungkin membuat sejumlah orang sering merasa cemas pada situasi ini.

Ritual pagi hari mungkin kerap disepelekan. Padahal, memiliki rutinitas pagi hari bisa menentukan suasana hati kita seharian penuh.

Aktris dan model Raline Shah juga memiliki ritual pagi hari yang "wajib" dilakukannya.

Hal pertama yang dilakukannya adalah minum air saat bangun pagi.

"Yang saya lakukan setiap hari kalau bangun, minum air banyak hampir satu liter," ujarnya dalam sebuah konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Setiap hari, bintang film Surga yang Tak Dirindukan itu meluangkan waktu untuk yoga atau meditasi minimal 15 menit.

Hal ini dilakukan untuk menstabilkan pikiran dan perasaan di tengah situasi pandemi yang penuh ketidakpastian, sehingga segala sesuatu dapat dipandang secara jernih.

Terakhir, ia selalu menuliskan tiga hal yang disyukuri setiap paginya dalam sebuah jurnal. Rutinitas ini sudah diterapkannya dalam beberapa tahun terakhir.

"Itu adalah hal yang terkesan aneh banget harus nulis tiga hari yang kita syukuri, tapi kalau kita tulis setiap hari, jadi habit, otomatis setiap bangun melihat hal-hal yang kita syukuri, bukan melihat hal-hal yang tidak berjalan lancar," ujar Raline.

Baca juga: Sempat Alami Krisis, Ini 4 Tips Kembalikan Pede ala Raline Shah

Memerhatikan tidur dan makan

Selain rutinitas pagi hari, Raline juga menerapkan beberapa hal khusus selama pandemi yang membuat kesehatan mentalnya terus terjaga.

Salah satunya adalah tidur. Menurutnya, tidur dapat berdampak pada kebahagiaan dan produktivitas seseorang.

"Saya enggak ngerti kenapa teman-teman komplain, "duh enggak bisa tidur, kita WFH (work from home)" . Suatu pernyataan yang terkait self discipline bahwa kita enggak bisa mendisiplinkan diri kita," tutur dia.

Hal lainnya adalah berusaha menjaga asupan makanan bergizi dan menghindari makan emosional (emotional eating), seperti yang banyak dialami orang di masa pandemi.

Untuk menjaga pola makannya tetap seimbang, Raline menerapkan pola 80:20, yakni 80 persen makan makanan sehat, seperti sayur, buah, serta sumber makanan bergizi lainnya.

Sedangkan 20 persen sisanya adalah makan makanan yang disukainya, seperti donat dan minum kopi.

Ia juga meluangkan waktu untuk olahraga minimal tiga kali seminggu.

"Mau itu lari, jalan, apapun yang bisa menggerakkan tubuh, yang membuat kita sedikit berkeringat," kata perempuan yang pernah mewakili Sumatera Utara di ajang Puteri Indonesia itu.

Terakhir, Raline menekankan pentingnya menjaga keterhubungan dengan orang-orang terdekat sebagai bagian dari menjaga kesehatan mental.

"Terhubung pada teman-teman yang kita sayangi, saudara, orangtua kita. Karena emotional connection itu penting," ucapnya.

Baca juga: Bagaimana Memulai Meditasi pada Orang yang Sibuk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com