Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2021, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Popularitas K-drama secara tidak langsung berpengaruh pada daya tarik wisata berbagai kota di Korea Selatan.

Seoul, yang merupakan ibukota negaranya, menjadi salah satu yang paling sering disorot. Kota ini kerap jadi latar berbagai kisah manis percintaan dan kehidupan anak muda di drama seperti Hospital Playlist atau Startup. 

Kota metropolitan ini memang memiliki banyak sudut indah yang menarik dijelajahi. Lewat berbagai adegan, kita mendapatkan sekilas gambaran kota dengan populasi hampir 10 juta jiwa ini.

Saking seringnya menikmati drama negeri ginseng ini, tak heran banyak yang terinspirasi ingin tinggal di Seoul. Harapannya bisa mendapatkan kehidupan menarik bak para tokoh di drama favorit.

Baca juga: Korea Bukan Hanya Seoul, Ini 3 Destinasi yang Tawarkan Pengalaman Autentik

Salah satu kelebihan lainnya yang tak bisa diremehkan adalah biaya internet di Seoul jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Data tersebut dikumpulkan oleh tim iPrice, situs meta-search daring, dari website Numbeo yang menyediakan data biaya hidup berbagai kota di dunia.

Hasilnya, kita hanya perlu mengeluarkan dana internet sebesar Rp350.000 per bulan, lebih murah 15 persen dibandingkan di Jakarta.

Dengan berbagai fasilitas dan kecanggihan teknologi seperti yang terlihat di berbagai drama Korea, agaknya aktivitas kita berselancar di dunia maya akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Tentunya ini menjadi poin yang sangat menarik bagi para digital-savvy seperti anak muda di Indonesia.

Baca juga: Bermimpi Tinggal di New York? Cek Dulu Besaran Biaya Hidupnya

Namun sebelum buru-buru membulatkan tekad hijrah ke Seoul, pahami lebih jauh soal biaya hidup keseluruhan yang harus kita tanggung. Ada beberapa aspek pembiayaan yang harus diperhitungkan termasuk tempat tinggal, makan dan transportasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.