Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Internet Bulanan di Seoul Paling Murah, Tertarik Pindah Ke Sana?

Kompas.com - 03/07/2021, 16:11 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Popularitas K-drama secara tidak langsung berpengaruh pada daya tarik wisata berbagai kota di Korea Selatan.

Seoul, yang merupakan ibukota negaranya, menjadi salah satu yang paling sering disorot. Kota ini kerap jadi latar berbagai kisah manis percintaan dan kehidupan anak muda di drama seperti Hospital Playlist atau Startup. 

Kota metropolitan ini memang memiliki banyak sudut indah yang menarik dijelajahi. Lewat berbagai adegan, kita mendapatkan sekilas gambaran kota dengan populasi hampir 10 juta jiwa ini.

Saking seringnya menikmati drama negeri ginseng ini, tak heran banyak yang terinspirasi ingin tinggal di Seoul. Harapannya bisa mendapatkan kehidupan menarik bak para tokoh di drama favorit.

Baca juga: Korea Bukan Hanya Seoul, Ini 3 Destinasi yang Tawarkan Pengalaman Autentik

Salah satu kelebihan lainnya yang tak bisa diremehkan adalah biaya internet di Seoul jauh lebih murah dibandingkan di Indonesia.

Data tersebut dikumpulkan oleh tim iPrice, situs meta-search daring, dari website Numbeo yang menyediakan data biaya hidup berbagai kota di dunia.

Hasilnya, kita hanya perlu mengeluarkan dana internet sebesar Rp350.000 per bulan, lebih murah 15 persen dibandingkan di Jakarta.

Dengan berbagai fasilitas dan kecanggihan teknologi seperti yang terlihat di berbagai drama Korea, agaknya aktivitas kita berselancar di dunia maya akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Tentunya ini menjadi poin yang sangat menarik bagi para digital-savvy seperti anak muda di Indonesia.

Baca juga: Bermimpi Tinggal di New York? Cek Dulu Besaran Biaya Hidupnya

Namun sebelum buru-buru membulatkan tekad hijrah ke Seoul, pahami lebih jauh soal biaya hidup keseluruhan yang harus kita tanggung. Ada beberapa aspek pembiayaan yang harus diperhitungkan termasuk tempat tinggal, makan dan transportasi.

Untuk bisa tinggal di Seoul, kita perlu merogoh kocek sebesar Rp30 juta per bulan. Dana tersebut untuk memastikan paling tidak kebutuhan pokok kita tercukupi.

Harga sewa apartemen di tengah Kota Seoul, dengan akses fasilitas yang memadai, berkisar Rp14 juta untuk satu orang.

Sedangkan biaya transportasi publiknya, termasuk bus, kereta dan subway, membutuhkan biaya Rp16.000 sekali jalan. Angka tersebut empat kali lipat lebih mahal dibandingan di Jakarta.

Sementara itu, harga rata-rata untuk air mineral botolan berukuran 1,5 liter ialah 17.000 rupiah. Harga yang mahal juga berlaku untuk pengeluaran makan harian yang mencapai Rp 102.000.

Baca juga: Kalahkan Hong Kong, Seoul Bakal Alami Kenaikan Harga Rumah 9,9 Persen

Jika lebih suka makanan siap saji seperti McDonalds, setiap porsi dihargai Rp83.000, lebih mahal dibandingkan di Indonesia.

Data yang sama juga menyebutkan rataan pendapatan per bulan di Seoul sebesar Rp35 juta. Meski demikian, keseluruhan total biaya hidup di Seoul diperkirakan 92 persen lebih tinggi dibandingkan dengan Jakarta.

Jadi, sudah siap jadi warga kota metropolitan di Korea Selatan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com