Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Warung Anak Sehat Raih Penghargaan Internasional

Kompas.com - 03/07/2021, 17:02 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Danone Indonesia melalui Program Warung Anak Sehat menerima penghargaan internasional berupa Gender Equality European and International Standard (GEEIS) Sustainable Development Goals (SDGs) Trophy sebagai salah satu perusahaan dan organisasi yang turut berkomitmen dan melakukan inisiatif dalam memberdayakan perempuan.

Bertempat di kantor Kementerian Eropa dan Luar Negeri Prancis yang berlokasi di Paris, Vice President Marketing Danone Indonesia Sri Widowati menerima penghargaan tersebut secara virtual pada akhir Juni lalu.

GEEIS SDG Trophy merupakan penghargaan yang diberikan oleh Arborus, sebuah lembaga nirlaba internasional yang menjadi penggerak di balik sertifikasi kesetaraan gender internasional.

“Program Warung Anak Sehat merupakan salah satu bukti kontribusi komunitas perempuan karena dapat berkontribusi pada kesehatan anak-anak sekolah dalam menyediakan makanan dan minuman yang sehat, hingga memberdayakan Ibu kantin secara finansial dan kesehatan keluarga,” kata Sri Widowati dalam siaran pers.

Baca juga: Danone dan Google Beri Pelatihan Digital Pelaku Usaha Mikro

Danone Indonesia melalui Sarihusada memfasilitasi Ibu Pengelola Kantin Sekolah Generasi Maju untuk memiliki keterampilan baru dalam memanfaatkan teknologi agar dapat beradaptasi dan tetap relevan dengan situasi saat ini.

Selama pandemi, Ibu kantin tetap menerima berbagai pelatihan dan edukasi digitalisasi untuk pengembangan bisnis UMKM agar dapat menjangkau konsumen dengan efektif.

Menurut Sri Widowati, tercatat pada 2018, program ini telah memberdayakan 350 ibu kantin - dimana 72% diantaranya mendapatkan peningkatan pendapatan sebanyak lebih dari 50%.

Selain itu, kenaikan pendapatan yang diperoleh para ibu pengelola kantin ini juga telah memberikan manfaat kepada 1.092 anggota keluarganya.

Sebelumnya Danone Global melakukan proses seleksi internal kepada beberapa program di seluruh unit bisnis di dunia. Program yang terpilih diajukan kepada Board of Committee GEEIS SDG Award 2021, kemudian terpilihlah program Danone Indonesia melalui PT Sarihusada Generasi Mahardhika (Sarihusada) yaitu program Warung Anak Sehat.

Baca juga: Direktorat SMA: Ini 6 Prosedur Kantin Sekolah di Era Kebiasaan Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com