Kompas.com - 04/07/2021, 14:37 WIB
Ilustrasi minum susu berlebih Unsplash/The humble coIlustrasi minum susu berlebih
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Raw milk atau susu mentah merupakan susu segar perahan langsung yang tidak mengalami proses seperti pasteurisasi.

Sementara pasteurisasi berfungsi untuk mensterilisasi susu dan membunuh kuman penyebab penyakit yang dapat mengkontaminasi susu.

Meski begitu, beberapa orang justru menyukai dan mempercayai bahwa susu mentah menawarkan lebih banyak nutrisi, menyebabkan lebih sedikit alergi, dan meningkatkan kesehatan. 

Namun riset oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit melaporkan bahwa susu yang tidak dipasteurisasi lebih mungkin menyebabkan penyakit daripada susu yang dipasteurisasi.

“Sedikit pengolahan dapat mencegah penyakit yang mungkin terbawa susu mentah,” kata Erin Rossi, RD, LD., seorang ahli diet terdaftar di Cleveland.

Susu pasteurisasi, diproses dengan metode memanaskannya hingga 72 derajat Celsius hanya selama 20 detik, ini dapat membunuh semua bakteri.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sudah lebih dari 120 tahun sejak Louis Pasteur menemukan proses  ini untuk membunuh bakteri yang ada di susu mentah, termasuk Salmonella, E. coli, dan Listeria.

Memang kebanyakan orang sehat akan pulih dengan cepat dari muntah, diare, sakit perut dan gejala seperti flu yang disebabkan oleh bakteri ini.

Namun, orang tua, anak-anak, wanita hamil dan mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah dapat mengalami sakit kronis, parah dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Apabila kita jatuh sakit setelah mengonsumsi susu mentah, ada baiknya untuk segera ke dokter, terutama untuk wanita hamil. Hal ini dikarenakan, listeria dapat menyebabkan keguguran dan kematian janin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.