Kompas.com - 04/07/2021, 15:54 WIB
Ilustrasi influencer shutterstockIlustrasi influencer
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di era media sosial yang menjamur seperti saat ini, tindakan mengedit foto atau menggunakan fitur filter bukanlah hal yang asing. Kebanyakan dari anak muda, terutama influencer terbiasa akan hal ini.

Namun, Norwegia baru-baru ini memberlakukan peraturan untuk Influencer mengenai upload foto hasil edit atau pun menggunakan filter di sosial media.

Dalam aturan itu disebutkan bahwa Influencer yang memposting foto hasil editan harus  mencantumkan keterangan. Jika tidak, maka tindakan ini dianggap ilegal.

Langkah khusus ini dilakukan di tengah meningkatnya kekhawatiran akan kesehatan mental yang disebabkan oleh platform media sosial seperti Instagram dan TikTok.

Amandemen yang dibuat oleh Kementerian Norwegia menyatakan bahwa iklan yang menampilkan segala jenis perubahan pada bentuk, ukuran, atau warna kulit tubuh harus melabelinya dengan menggunakan aturan standar yang akan disediakan oleh pemerintah.

Undang-undang baru ini secara langsung berdampak pada influencer dan selebritas yang mempromosikan postingan iklan berbayar mereka di media sosial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penggunaan filter juga harus menyertakan pengakuan bahwa gambar telah diubah. Bagi yang melanggar hukum, maka akan dikenakan denda berat dan kemungkinan hukuman penjara.

Baca juga: Agar Tak Krisis Pede karena Penampilan Fisik Influencer di Instagram

Banyak kelompok advokasi dan anggota parlemen di seluruh dunia telah vokal mengkritik Instagram dan Facebook karena kontennya yang memicu kecemasan dan depresi kepada audiens yang lebih muda.

Banyak orang yang terpapar oleh "kesempurnaan" para model dan influencer kemudian menganggap dirinya buruk dan tidak layak, sehingga menjadi cemas dan depresi.

Pada tahun 2017, Royal Society for Public Health Inggris menemukan bahwa Instagram merugikan kesehatan mental anak muda.

Peraturan ini mendapat dukungan luas dari banyak komunitas Influencer Norwegia. Beberapa bahkan menyarankan agar negara melangkah lebih jauh dengan memperluas undang-undang untuk mencakup konten di media sosial.

Masih belum pasti seberapa lama Norwegia berencana untuk menggunakan peraturan baru ini, namun, orang Norwegia sangat mengharapkan peraturan ini segera berlaku.

Baca juga: Aku dan Instagram Influencer: Kok Aku Tidak seperti Mereka?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.