Kompas.com - 05/07/2021, 17:37 WIB

KOMPAS.com – Fenomena konsumen yang berebut membeli susu Bear Brand dan juga sulitnya mencari susu ini di pasaran menjadi topik terhangat dalam beberapa waktu terakhir. Tagar Bear Brand pun menjadi topik terhangat di Twitter pada akhir pekan lalu.

Susu Bear Brand disebut-sebut berkhasiat untuk mempercepat pemulihan saat seseorang terinfeksi Covid-19. Tak heran jika produk ini pun banyak dicari di tengah lonjakan kasus Covid-19.

Susu memang termasuk makanan bernutrisi. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Salah satu pengajar di Program Studi Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Lily Arsanti Lestari mengatakan, mengonsumsi susu memang meningkatkan imunitas tubuh, tetapi bukan berarti harus memilih produk susu tertentu untuk dikonsumsi.

Baca juga: Rebutan Susu Beruang Saat Kasus Covid-19 Naik, Ini 4 Faktor Pemicu Panic Buying

“Tapi ya tidak harus Bear Brand, susu yang lain juga bagus,” ujar Lily seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (3/7/2021).

Senada dengan Lily, ahli teknologi hasil ternak Epi Taufik menegaskan bahwa susu bukanlah obat, tetapi bahan pangan sumber nutrisi untuk menjaga metabolisme tubuh, termasuk meningkatkan imunitas.

“Konsumsi susu dapat membantu menjaga kondisi fisiologis tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah infeksi Covid-19,” kata Epi, Kepala Divisi Teknologi Hasil Ternak Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan IPB.

Dia mengatakan, prinsip dasar dari kualitas nutrisi bahan pangan adalah, semakin segar bahan pangan tersebut dikonsumsi, maka kandungan nutrisinya relative masih lengkap.

“Dalam konteks susu, maka susu pasteurisasi masih memiliki kandungan gizi alami yang relatif masih lengkap dibandingkan susu UHT/steril,” katanya.

Baca juga: Setelah Ivermectin dan Vitamin C, Kini Susu Beruang yang Diburu karena Dianggap Tangkal Covid-19

Dia mengatakan, susu Bear Brand yang sedang viral tersebut termasuk jenis susu steril.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.