Kompas.com - 07/07/2021, 06:04 WIB
Saat stres berlanjut menjadi burnout, kita mulai kehilangan minat dan motivasi pada peran yang dijalani. SHUTTERSTOCKSaat stres berlanjut menjadi burnout, kita mulai kehilangan minat dan motivasi pada peran yang dijalani.

KOMPAS.com - Istilah "burnout" belakangan semakin sering digunakan. Sering kali, istilah ini digunakan untuk mengacu pada kejenuhan akibat workload atau beban pekerjaan, tetapi sebetulnya kondisinya jauh lebih kompleks dari itu.

Menurut Help Guide, burnout adalah kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan.

Kondisi ini terjadi ketika kita merasa kewalahan, terkuras secara emosional, dan tidak mampu memenuhi tuntutan terus-menerus.

Saat stres berlanjut, kita mulai kehilangan minat dan motivasi pada peran yang dijalani. Burnout dapat mengurangi produktivitas dan menguras energi, membuat kita merasa semakin tidak berdaya, putus asa, dan kesal.

Pada akhirnya, kita mungkin merasa tidak punya apa-apa lagi untuk diberikan.

Lalu, apa perbedaan burnout dengan stres?

Stres terus-menerus membuat kita merasa tidak berdaya, kecewa, dan benar-benar kelelahan, sehingga berkembang menjadi kondisi burnout.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, keduanya tidak sama.

Stres pada umumnya melibatkan terlalu banyak tekanan yang menuntut diri kita terlalu banyak, baik secara fisik maupun mental.

Namun, mereka yang mengalami stres masih bisa membayangkan bahwa jika semua situasi itu bisa terkendali, mereka akan merasa lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.