Kompas.com - 07/07/2021, 13:09 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOTIlustrasi mencuci pakaian
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Suhu air yang digunakan untuk mencuci pakaian atau benda lainnya ternyata berpengaruh terhadap hasil cucian kita. Entah itu air hangat, maupun air dingin.

Gwen Whiting, salah satu pendiri The Laundress menjelaskan bahwa suhu air menentukan kekuatan proses pembersihan.

Karenanya, memilih suhu air yang tepat untuk kain tertentu sangat penting untuk meminimalkan kerusakan busana dari waktu ke waktu. 

"Suhu air yang tepat memastikan pembersihan yang lebih efektif dan dapat mengurangi kemungkinan warna luntur, bahan jadi kusut, atau kerusakan pada kain."

Sementara sebagian besar kain yang terdiri dari serat tenunan padat, seperti katun dan linen  biasanya dapat dicuci dengan air hangat tanpa risiko menyusut atau pudar.

Cheryl Nelson, pakar gaya hidup dan binatu, pendiri Prepare with Cher merekomendasikan kita menggunakan air dingin saja apabila kita ragu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Air dingin tidak hanya dapat meminimalkan kemungkinan kerusakan, tetapi juga membutuhkan lebih sedikit energi, sehingga sangat bagus untuk lingkungan dan menghemat uang,” jelasnya.

Baca juga: 4 Kesalahan Kecil saat Mencuci yang Merusak Pakaian

Mencuci kain putih dengan air hangat

Perlu diketahui bahwa tidak semua pakaian berwarna putih dapat kita cuci dengan menggunakan air hangat.

Hal ini dikarenakan serat tertentu dapat menyusut dan melemah dalam air panas (di atas 54 derajat celsius), tetapi tidak akan mendapatkan pembersihan yang mendalam dan menyeluruh  jika air terlalu dingin (antara 15,5 hingga 27 derajat celsius).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.