Kompas.com - Diperbarui 10/10/2022, 07:52 WIB

KOMPAS.com - Kucing punya berbagai tingkah unik yang kerap membuat kita bingung. Meski begitu, memahami perilaku kawan berbulu ini bisa membantu kita mengetahui kondisinya atau mengetahui pesan yang ingin disampaikannya kepada kita.

Termasuk salah satunya adalah saat kucing menggosokkan kepalanya ke kita.

Tapi, tak perlu khawatir, ini adalah tanda yang positif.

Melansir PetMD, direktur medis senior dari BluePearl Veterinary Partner daerah Michigan, Dr Jill E Sackman, perilaku kucing menggosokkan kelapanya ke tubuh kita dipelajari sejak masih kecil bersama ibu kucing.

Alasan kucing menggosokkan kepalanya

Gestur ini bisa dipakai sebagai bentuk sapaan kucing pada kita. Tapi, ada beberapa penyebab lain yang menjelaskan kenapa kucing menggosokkan kelapanya ke kita, yakni:

1. Mencari informasi

Menurut dokter hewan dari bidang perilaku hewan di Cummings School of Veterinary Medicine, Tufts University, Dr Stephanie Borns-Weil, kucing adalah makhluk yang sangat bergantung pada indera penciumannya untuk mendapatkan informasi tentang lingkungan sekitar.

Perilaku seekor kucing yang menggosokkan atau mendorong kepalanya ke tubuh kita dikenal dengan istilah head butting atau bunting. Jika kucing melakukannya, artinya hewan itu menandai kita dengan aromanya untuk menunjukkan afiliasi.

Menggosok kepala adalah cara kucing untuk menandai orang-orang dan lingkungannya serta mengelompokkannya dengan aroma yang sama.

Saat bertemu seseorang untuk pertama kalinya, kucing yang ramah mungkin akan menyapa manusia di hadapannya sebagai cara untuk mendapatkan informasi tentang orang baru tersebut, seperti dari mana mereka berasal dan apakah mereka punya hewan peliharaan.

Jadi, arti dari perilaku ini bisa saja berbeda pada setiap kucing.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.