Kompas.com - 07/07/2021, 18:50 WIB
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di podcast Deddy Corbuzier YouTube Deddy CorbuzierMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di podcast Deddy Corbuzier

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan akan menginjak usia 74 tahun, September mendatang. Namun, ia mengakui masih rutin olahraga lari setiap harinya selama 50 menit hingga 1,5 jam.

Hal itu diungkapkannya saat menjadi bintang tamu di podcast Deddy Corbuzier yang tayang Selasa (6/7/2021).

"Umur saya 74 (tahun) setiap hari saya treadmill 50 menit to 1 hour 30 minutes, every single day," katanya.

Kebiasaan itu dibawanya sejak masih menjadi TNI aktif. Tak hanya rutin berolahraga, mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu juga menjaga pola makan sehat dan mengupayakan tidur cukup setiap malamnya.

Ia mengaku biasa tidak makan malam dan pergi tidur sekitar pukul 22.00 dan bangun pukul 05.30 pagi untuk berolahraga.

Ketika ditanyakan mengapa masih peduli dengan penampilan di usia saat ini, Luhut hanya menjawab bahwa menjaga kebugaran membuatnya dapat berpikir dengan baik.

"Ya kalau mau bekerja, berpikir normal, semua, kan ketauladanan tadi. Kalau kau mau ngomong tapi badan kau sudah bunting tiga bulan (buncit) gimana? Orang malas juga," tutur politisi senior Partai Golkar itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Will Smith dan Olahraga yang Aman untuk Pria di Atas 50 Tahun

Tidak merokok

Pada kesempatan tersebut, Deddy sempat menampilkan foto Luhut muda ketika masih sebagai TNI aktif. Ia kemudian menanyakan apakah di foto tersebut Luhut sedang memegang rokok.

"Saya enggak merokok," jawab Luhut. "Waktu itu merokok, sampai Kapten saya merokok. Itu (di foto) Letnan satu," jawab Luhut.

Ia kemudian menceritakan awal mula berhenti merokok adalah ketika Operasi Seroja di Timor-Timur. Saat itu, ia meminta anak buahnya untuk tidak merokok karena berpotensi ketahuan oleh musuh.

"Di operasi TimTim saya bilang (anak buah) enggak boleh merokok karena musuh akan bisa cium kau merokok."

"Karena saya bilang enggak boleh merokok, saya berhenti merokok juga sampai sekarang keterusan," tuturnya.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Paru-paru Setelah Berhenti Merokok



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.