Kompas.com - 07/07/2021, 19:51 WIB
Petugas menghitung uang pecahan dolar Amerika Serikat di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta. ANTARA PHOTO/Rivan Awal LinggaPetugas menghitung uang pecahan dolar Amerika Serikat di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta.

KOMPAS.com - Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa alat pembayaran seperti uang tunai, uang koin, kartu kredit, serta kartu debit adalah beberapa benda paling kotor dan menjadi sumber utama penyebaran kuman.

Untuk mengetahui seberapa kotor benda-benda tersebut, tim peneliti dari LendEDU menggunakan perangkat ilmiah yang menguji bakteri pada permukaannya.

Mereka menguji 41 kartu kredit dan debit yang berbeda, 27 uang tunai yang berbeda, serta 12 uang koin yang berbeda.

Kemudian, para peneliti mencatat skor kuman rata-rata pada setiap item. Semakin tinggi skor kuman berarti semakin kotor benda tersebut.

Baca juga: Remote TV Jadi Benda Paling Kotor di Rumah, Ini Cara Membersihkannya

Hasil akhir dari penelitian itu terungkap bahwa uang tunai memiliki skor kuman 160, kartu kredit dan debit memiliki skor 285, sementara uang koin memiliki skor kuman yang terendah yakni 136.

Kendati demikian, ini tentu saja tidak berarti uang tunai jauh lebih aman dari alat pembayaran lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut penelitian tahun 2014 dari Mastercard dan University of Oxford, rata-rata uang tunai merupakan rumah bagi 26.000 jenis bakteri termasuk E. Coli.

"Menjaga uang tetap bersih sangatlah sulit, terutama jika kita menggunakannya sehari-hari," ujar pendiri sekaligus direktur Neat Services, Sean Perry.

"Namun, untuk kartu-kartu debit dan kredit kita masih bisa membersihkan secara rutin," tambahnya.

Oleh sebab itu, dia menyarankan agar kita selalu mencuci tangan setelah memegang uang, terutama sebelum makan atau memegang makanan.

"Mencuci tangan setelah makan juga bisa mengurangi kemungkinan sisa makanan kembali ke uang setelah kita selesai makan," terangnya.

Baca juga: Wajib Cuci Tangan Setelah Menyentuh Benda-benda Ini!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.