Kompas.com - 08/07/2021, 09:03 WIB
Penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di rumah karena penularan Covid-19 juga berpotensi terjadi di lingkungan keluarga. PEXELS/ANNUSHKA AHUJA Penting untuk tetap menerapkan protokol kesehatan di rumah karena penularan Covid-19 juga berpotensi terjadi di lingkungan keluarga.

KOMPAS.com - Aktris Sherina Munaf mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 meski sebulan terakhir tak bepergian ke mana-mana.

Selama pandemi, bintang film Petualangan Sherina itu juga membatasi aktivitasnya di luar rumah dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Entah dari paket, entah salah satu di keluarga gue ada yang OTG (orang tanpa gejala), karena bokap masih beberapa kali ke supermarket untuk stock makanan di rumah. Jadi, semua di rumah gw akan di swab," tulis Sherina dalam unggahannya di media sosial.

Baca juga: Cerita Sherina, Positif Covid-19 Meski Tak Keluar Rumah

Mencegah penularan Covid-19 di rumah

Dari Sherina, kita diingatkan kembali bahwa penularan Covid-19 bisa saja terjadi di lingkungan rumah dan ketika kita sebetulnya sudah berusaha tidak bepergian ke luar.

Namun, adanya anggota keluarga yang masih sering ke luar rumah memungkinkan penularan masih mungkin terjadi di lingkungan rumah.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Erna Mulati belum lama ini mengingatkan tentang potensi penularan Covid-19 di keluarga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Virus dapat menyebar melalui tetesan pernapasan atau droplet yang keluar, seperti melalui batuk dan bersin. Penularan Covid-19 juga bisa terjadi akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus.

Berikut beberapa cara mencegah penularan Covid-19 di rumah yang dapat kita praktikkan:

1. Pakai masker jika memiliki mobilitas tinggi

Memakai masker dalam waktu lama memang terasa tidak nyaman, apalagi jika kita menggunakannya juga di rumah.

Namun, Erna menganjurkan anggota keluarga yang memiliki mobilitas tinggi untuk memakai masker saat beraktivitas di rumah. Terutama jika tinggal bersama kelompok-kelompok rentan, seperti ibu hamil, balita, dan usia lanjut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.