Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 5 Cara Cegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah

Kompas.com - 08/07/2021, 09:03 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Aktris Sherina Munaf mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19 meski sebulan terakhir tak bepergian ke mana-mana.

Selama pandemi, bintang film Petualangan Sherina itu juga membatasi aktivitasnya di luar rumah dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Entah dari paket, entah salah satu di keluarga gue ada yang OTG (orang tanpa gejala), karena bokap masih beberapa kali ke supermarket untuk stock makanan di rumah. Jadi, semua di rumah gw akan di swab," tulis Sherina dalam unggahannya di media sosial.

Baca juga: Cerita Sherina, Positif Covid-19 Meski Tak Keluar Rumah

Mencegah penularan Covid-19 di rumah

Dari Sherina, kita diingatkan kembali bahwa penularan Covid-19 bisa saja terjadi di lingkungan rumah dan ketika kita sebetulnya sudah berusaha tidak bepergian ke luar.

Namun, adanya anggota keluarga yang masih sering ke luar rumah memungkinkan penularan masih mungkin terjadi di lingkungan rumah.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementerian Kesehatan Erna Mulati belum lama ini mengingatkan tentang potensi penularan Covid-19 di keluarga.

Virus dapat menyebar melalui tetesan pernapasan atau droplet yang keluar, seperti melalui batuk dan bersin. Penularan Covid-19 juga bisa terjadi akibat menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus.

Berikut beberapa cara mencegah penularan Covid-19 di rumah yang dapat kita praktikkan:

1. Pakai masker jika memiliki mobilitas tinggi

Memakai masker dalam waktu lama memang terasa tidak nyaman, apalagi jika kita menggunakannya juga di rumah.

Namun, Erna menganjurkan anggota keluarga yang memiliki mobilitas tinggi untuk memakai masker saat beraktivitas di rumah. Terutama jika tinggal bersama kelompok-kelompok rentan, seperti ibu hamil, balita, dan usia lanjut.

"Mohon kiranya anggota keluarga yang mempunyai mobilitas sangat tinggi atau mempunyai risiko hendaknya selalu mengginakan masker ketika berada di rumah."

Demikian diungkapkan Erna pada seminar nasional bertajuk "Membangun Ketangguhan Keluarga: Membentuk Inisiatif dan Dukungan Kesehatan Jiwa" yang disiarkan Youtube BNPB, Selasa (29/6/2021).

Ketika berada di luar rumah, pastikan menggunakan masker dengan benar.

Bahkan, lanjut dia, saat ini kita juga dianjurkan untuk menggunakan masker dobel sebagai perlindungan lebih.

Baca juga: Pakai Masker Dobel Bikin Sulit Bernapas? Coba 4 Cara Berikut

2. Memiliki ventilasi yang baik

Selain dibawa melalui droplet atau menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus, penularan Covid-19 di rumah juga bisa disebabkan karena adanya virus di udara, terutama pada ruangan yang tertutup atau memiliki ventilasi buruk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com