Kompas.com - 08/07/2021, 15:40 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Nia Ramadhani dan suaminya, Ardi Bakrie, ditangkap polisi karena dugaan penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu.

Kabar ini cukup mengejutkan karena keduanya dinilai punya kehidupan yang jauh dari penggunaan obat terlarang. Faktanya, pasangan ini terpaksa harus berurusan dengan pihak berwajib dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Narkoba jenis sabu-sabu juga dikenal dengan nama metamfetamin, dengan kandungan stimulan yang menargetkan sistem pusat saraf manusia.

Kandungan ini sebenarnya dipakai untuk mengobati Attention-Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) dengan takaran dan pengawasan yang ketat oleh ahlinya.

Baca juga: Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba

Sayangnya, jenis candu ini banyak beredar dengan ilegal di jalanan dan sangat berbahaya. Sabu-sabu seperti ini tidak memiliki kegunaan medis dengan bentuk dan kandugan yang sangat bervariasi.

“Sabu-sabu selalu sintetis (bukan organik) dan diproduksi secara ilegal,” ujar Deni Carise, PhD, Kepala Sains di Pusat Pemulihan Amerika dan asisten profesor di Fakultas Kedokteran Perelman University of Pennsylvania.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena semua sabu-sabu diproduksi secara ilegal di laboratorium jalanan rahasia, tidak ada standar, ia melanjutkan.

Bahan-bahan yang digunakan biasanya mencakup kombinasi yang diekstraksi dari obat bebas yang dicampur dengan zat yang lebih mudah tersedia seperti eter, aseton, kristal yodium, atau fosfor merah.

Penggunaan sabu kerap memicu perasaan senang dan dorongan energi seketika. Ada pula yang berdampak pada nafsu makan sehingga banyak dipakai untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Pakai Sabu Bikin Kurus, Mitos atau Fakta?

Mengapa Orang Mudah Kecanduan Sabu?

Banyak orang pertama kali mencoba narkoba termasuk jenis sabu-sabu karena alasan coba-coba. Biasanya ini dilakukan untuk merasakan sensasi 'high' yang dengan cepat didapatkan.

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.