Kompas.com - 09/07/2021, 09:25 WIB

KOMPAS.com - Brokoli menjadi salah satu jenis sayuran yang paling mudah diolah ke dalam berbagai jenis masakan. Baik itu ditumis atau dimasukkan ke dalam kuah sup.

Di samping itu, brokoli juga memiliki "segudang" manfaat yang baik bagi kesehatan.

Ahli diet dan pendiri Steps to Nutrition, Carrie Gabriel, MS, RDN mengatakan, brokoli mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Baca juga: Brokoli Membantu Meringankan Sembelit

"Ketika makan brokoli, kita menerima berbagai antioksidan dan glukosinolat. Senyawa ini dapat membantu dalam pencegahan penyakit," kata Gabriel.

"Glukosinolat yang ditemukan pada tanaman brassica seperti brokoli memiliki sifat anti-mikroba dan anti-kanker," tambah dia.

Penelitian menunjukkan, brokoli mungkin sangat efektif dalam mengurangi risiko kanker usus.

Sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer menemukan hubungan antara konsumsi sayuran silangan yang lebih besar dan risiko kanker usus yang lebih rendah.

Sementara, meta-analisis 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Oncology menemukan, sayuran brassica, khususnya, dikaitkan dengan risiko kanker usus besar yang lebih rendah di antara subjek penelitian.

Baca juga: Tekan Risiko Kanker Usus dengan Santapan Kale dan Brokoli...

Di luar sifatnya yang mencegah kanker, brokoli juga dapat membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan.

"Saat makan brokoli, kita mendapatkan sekitar 10 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan," ujar dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.