Kompas.com - 09/07/2021, 11:07 WIB
Otak kita membentuk persepsi tertentu terhadap penampilan kita ketika bercermin. Membuat tampilan kita terlihat tak sama ketika difoto. SHUTTERSTOCK/ODUA IMAGESOtak kita membentuk persepsi tertentu terhadap penampilan kita ketika bercermin. Membuat tampilan kita terlihat tak sama ketika difoto.

KOMPAS.com - Bercermin rasanya menjadi rutinitas yang umum dilakukan banyak orang. Dalam satu hari, kita bisa berkali-kali melihat diri kita lewat cermin.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Avaj, brand gaya hidup asal Yorkshire, Inggris, misalnya, menemukan bahwa rata-rata pria bercermin hingga 23 kali sehari, sementara wanita hingga 16 kali sehari.

Survei tersebut dilakukan terhadap 1.000 orang Inggris. Bisa sesuai, bisa juga tidak dengan masing-masing dari kita. Namun, setidaknya itu jadi gambaran bahwa banyak orang senang bercermin.

Namun, pernahkah menyadari bahwa diri kita di cermin sering kali terlihat lebih menarik daripada di foto?

Belum lama ini, topik tersebut juga sempat menjadi perbincangan di media sosial.

Lalu, apa penyebabnya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut sejumlah alasan kenapa diri kita terlihat lebih menarik di cermin tetapi tidak saat difoto:

1. Cermin menampilkan diri kita secara terbalik

Diri kita yang dilihat di cermin bukanlah kenyataan, melainkan pantulan. Ini adalah versi terbalik dari bagaimana diri kita sebetulnya terlihat.

Direktur Media Psychology Center, Pamela Rutledge, pernah menjelaskan kepada The Atlantic bahwa kita melihat diri kita di depan cermin sepanjang waktu, termasuk mungkin saat bangun tidur, menggosok gigi, bercukur, hingga merias wajah.

Kondisi itu memberikan impresi dan membuat kita menjadi familiar dengan wajah kita sendiri sehingga kita membentuk preferensi tampilan wajah kita sendiri.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.