Kompas.com - 10/07/2021, 10:57 WIB

KOMPAS.com - Tak sedikit orangtua yang terbiasa membentak anaknya ketika anak berbuat sesuatu yang dianggap kesalahan atau sekadar ingin mendisiplinkan anak.

Padahal, membentak bukanlah cara ideal membuat anak menjadi disiplin.

Laman Parents menjelaskan beberapa dampak buruk membentak anak yang mungkin terjadi. Respons amarah dengan cara membentak bisa membuat anak merasa tidak dihargai, bahkan rentan mengalami kecemasan dan depresi di masa mendatang.

Saat dibentak, otak anak juga akan berada pada mode "fight or flight" dan memandang orangtua sebagai ancaman. Alih-alih belajar untuk menjadi disiplin, anak justru tidak bisa belajar dalam kondisi tersebut.

Baca juga: Orangtua Sering Membentak Anak, Ini 6 Dampak Buruknya

Mengajari anak disiplin dapat dilakukan melalui beberapa cara dan tentunya tidak perlu melibatkan amarah atau kebiasaan membentak.

Dokter spesialis anak, Edward Gaydos, DO menyebutkan ada lima cara mendisiplinkan anak yang bisa dipraktikkan orangtua tanpa harus membentak:

1. Tidak memandang disiplin sebagai hukuman

Bagi sebagian orang, disiplin terasa seolah-olah seperti menghukum anak.

Padahal, disiplin lebih merupakan sarana untuk terlibat secara aktif dengan anak-anak demi membentuk karakter moral mereka. Disiplin diperlukan untuk mengajari anak tentang apa yang benar dan salah.

Ini adalah keterampilan yang sangat penting untuk mereka berfungsi di masyarakat kelak.

Menurut Gaydos, mengajari anak untuk disiplin sama dengan mengajari mereka untuk mengendalikan diri. Tentu ini berbeda dengan hukuman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.