Kompas.com - 10/07/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.com - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang berbahaya karena jika tidak dikendalikan akan menyebabkan sejumlah komplikasi yang berujung pada kematian.

Kunci mengendalikan penyakit diabetes adalah dengan memastikan gula darah tetap normal dan tentunya menerapkan pola hidup yang sehat.

"Ternyata kalau gula darah HbA1c kita turun satu persen saja bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 14 persen, komplikasi mikrovaskular sampai 37 persen, dan risiko kematian akibat diabetes turun hingga 21 persen."

Demikian penuturan dokter spesialis gizi klinik konsultan, Dr Ida Gunawan, MS, SpGK(K) dalam Kulwap bersama Diabetasol, Jumat (10/7/2021) kemarin.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini 8 Tanda Peringatan Kita Terkena Diabetes

Untuk itu, Dr Ida sangat menyarankan pengidap diabetes lebih memerhatikan pola hidup yang lebih sehat, khususnya dalam hal asupan nutrisi pada rutinitas makan sehari-hari.

Mengikuti gizi seimbang

Menurut dia, jenis makanan bagi penderita diabetes harus mengikuti kaidah gizi seimbang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, di dalamnya harus mengandung karbohidrat yang dianjurkan sebanyak 45-65 persen kalori total dan diutamakan jenisnya karbohidrat kompleks.

"Meski begitu, karbohidrat yang dibatasi atau yang sekarang kita kenal sebagai diet rendah karbohidrat (ketogenik) itu tidak dianjurkan, terutama di bawah 130 g per hari," kata dia.

Selanjutnya, protein yang baik dikonsumsi yakni 10-20 persen dari total kalori.

Kemudian untuk lemak dianjurkan 20-25 persen dan dipilihlah jenis lemak yang baik seperti Omega-3 (ikan berlemak), Omega-6 (kacang dan biji-bijian), serta Omega-9.

Baca juga: 4 Pilihan Susu Terbaik untuk Pengidap Diabetes, Sudah Tahu?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.