Kompas.com - 10/07/2021, 18:06 WIB
Naik-turun tangga dapat dimanfaatkan untuk mengukur kesehatan jantung kita. FREEPIKNaik-turun tangga dapat dimanfaatkan untuk mengukur kesehatan jantung kita.

KOMPAS.com - Tes langkah sudah digunakan oleh para ahli jantung sejak tahun 1940-an untuk mengevaluasi kesehatan jantung pasien mereka.

Untuk saat ini, sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa naik tangga juga bisa digunakan untuk mengevaluasi kesehatan jantung kita.

Tak butuh waktu lama, tes sederhana ini hanya memerlukan waktu tak lebih dari satu menit.

Seorang ahli jantung bersertifikasi dari Philadelphia, AS, Arnold Meshkov, MD, mengatakan bahwa setiap jenis aktivitas berat, seperti menaiki tangga, akan menyebabkan permintaan darah dan oksigen secara ekstrem dari tubuh.

"Tubuh mengatasinya dengan meningkatkan output (darah yang dipompa jantung) dan memasok lebih banyak darah dan oksigen daripada yang dibutuhkan pada mode istirahat," katanya, seperti dilansir Well and Good.

Meshkov menjelaskan, ini dapat terjadi dalam dua cara berbeda, baik dengan meningkatkan kecepatan pemompaan darah yang menyebabkan detak jantung lebih cepat selama berolahraga atau dengan meningkatkan jumlah darah yang dipompa keluar dari ventrikel kiri.

"Ketika kita masih muda, respons ini otomatis, tetapi seiring bertambahnya usia, kapasitasnya akan berkurang," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Latihan Sederhana untuk Tingkatkan Kekuatan Pernapasan

Mengapa tes dilakukan dengan menaiki tangga?

Ketika berolahraga di tanjakan, detak jantung kita akan jauh lebih tinggi daripada jika berolahraga di permukaan yang datar.

Menurut ahli jantung bersertifikasi dan pendiri Upper East Side Cardiology, Satjit Bhusri, MD, kondisi ini membuat jantung bekerja lebih keras dan menjadi lebih kuat.

"Itu menjadi cara yang bagus untuk menurunkan tekanan darah, karena jantung akan menguat dari waktu ke waktu ke titik di mana ia tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.