Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Peliharaan Berisiko Tertular Covid-19 dari Pemiliknya

Kompas.com - 11/07/2021, 11:07 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Penelitian terbaru membuktikan hewan peliharaan dapat tertular virus Covid-19. Hal ini umumnya terjadi pada anjing dan kucing yang pemiliknya yang sudah lebih dulu terinfeksi. 

"Jika Anda terinfeksi Covid, Anda harus menghindari kontak dengan kucing atau anjing Anda, seperti yang Anda lakukan dengan orang lain," kata Dr Els Broens, dari Universitas Utrecht, perguruan tinggi di Belanda yang melakukan riset terkait hal ini.

Uji swab dilakukan pada 310 hewan peliharaan dari 196 rumah dengan penghuni yang telah terdeteksi positif Covid-19. Digelar pula uji sampel darah untuk antibodi yang menunjukkan riwayat paparan virus ini sebelumnya.

Hasilnya, enam kucing dan tujuh anjing terbukti telah terinfeksi sedangkan 54 hewan lainnya dinyatakan positif antibodi virus.

Baca juga: Benarkah Hewan Peliharaan Dapat Tertular dan Menyebarkan Covid-19?

Terlepas dari kesehatan hewan kesayangan kita, Broens mengatakan ini membuktikan adanya potensi risiko bahwa peliharaan dapat bertindak sebagai reservoir virus dan memperkenalkannya kembali ke populasi manusia.

Sejauh ini memang tidak ada bukti penularan dari hewan ke pemilik yang tercatat. Namun ini sulit dibuktikan dengan penyebaran virus yang masih begitu masif diantara manusia.

Adapun, sebagian besar hewan peliharaan yang terinfeksi cenderung tidak bergejala atau menunjukkan gejala ringan.

Hasil penelitian ini telah dipresentasikan pada Kongres Mikrobiologi Klinis dan Penyakit Menular Eropa belum lama ini. Data yang disampaikan adalah 4,2 persen menunjukkan bukti infeksi terbaru dan 17,4 persen dinyatakan positif antibodi.

Riset lanjutan juga menunjukkan, semua hewan yang terbukti positif berdasarkan PCR mampu menyembuhkan infeksi tersebut dengan terus mengembangkan antibodinya.

Para peneliti mengatakan rute penularan virus yang paling mungkin adalah dari manusia ke hewan, bukan sebaliknya.

"Kami tidak bisa mengatakan ada risiko nol persen pemilik tertular Covid dari hewan peliharaan mereka," kata Broens yang bekerja di Pusat Diagnostik Mikrobiologi Veteriner ini.

Meski demikian, sejumlah dokter hewan di Rusia telah melakukan vaksinasi pada hewan peliharaan untuk mencegah virus ini. Namun Broens berpendapat belum ada bukti ilmiah soal manfaat vaksin dan peran hewan peliharaan dalam pandemi ini.

Baca juga: Limbah Masker Sekali Pakai Ancam Habitat Hewan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com