Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kucing Lebih Rentan Tertular Covid-19 Daripada Anjing, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 11/07/2021, 11:40 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber BBC

KOMPAS.com - Kucing peliharaan lebih rentan tertular virus Covid-19 dari pemiliknya dibandingkan anjing. Hal ini khususnya terjadi pada kucing yang tidur bersama atau di tempat tidur pemiliknya.

Hal ini diungkapkan riset yang digelar oleh Dr. Dorothee Bienzle, profesor patologi veteriner dan Dr. Scott Weese, spesialis penyakit menular di University of Guelph di Ontario, Kanada.

Sebanyak 48 kucing dan 54 anjing dari 77 rumah diuji untuk antibodi terhadap Covid-19, tanda jika perna terinfeksi virus ini. Peneliti juga bertanya soal pola interaksi antara hewan peliharaan dan pemiliknya.

Data tersebut dibandingkan dengan kucing dan anjing yang diuji di tempat penampungan hewan maupun kucing liar.

Baca juga: Hewan Peliharaan Berisiko Tertular Covid-19 dari Pemiliknya

Hasilnya, sebagian besar hewan peliharaan yang pemiliknya positif Covid-19 juga terinfeksi virus dengan kucing berisiko lebih tinggi daripada anjing.

Sebanyak 67 persen kucing peliharaan dan 43 persen anjing peliharaan dinyatakan positif. Sementara itu, hanya ada 9 persen yang positif di penampungan dan 3 persen lainnya yang berstatus kucing liar.

Sementara itu, kucing yang menghabiskan lebih dari 19 jam per hari dengan pemiliknya, termasuk tidur di tempat tidur yang sama, memiliki risiko infeksi yang lebih tinggi.

Alasannya, kucing juga cenderung tidur di dekat wajah pemiliknya daripada anjing sehingga meningkatkan paparan mereka terhadap infeksi apa pun. Selain itu, biologi kucing juga membuat mereka lebih rentan terhadap Covid-19.

Data ini juga menunjukkan, lebih dari seperempat kucing mengalami gejala mirip COVID-19, seperti pilek dan kesulitan bernapas. Sedangkan tiga kasus lainnya menunjukkan gejala lainnya yang lebih parah.

Baca juga: Kucing Menggosokkan Kepalanya ke Kita, Apa Maksudnya?

Bienzle mengatakan, pemilik hewan yang terinfeksi Covid-19 harus mengambil langkah-langkah untuk melindungi peliharaannya. Caranya dengan mengenakan masker dan menghindari kontak dengan kucing dan anjing mereka sebanyak mungkin.

“Pada titik ini, kita harus berasumsi bahwa jika kita terinfeksi, hewan peliharaan kita juga rentan, dan mereka harus diperlakukan seperti anggota rumah tangga lainnya.”

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com