Kompas.com - 11/07/2021, 11:57 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan Unsplash/Tran Mau Tri TamIlustrasi hewan peliharaan

KOMPAS.com - Sejumlah penelitian membuktikan hewan peliharaan juga berisiko terpapar virus Covid-19. Kita perlu melakukan sejumlah langkah pencegahaan untuk memastikan hewan tersayang tetap sehat dan jauh dari risiko infeksi virus.

Lembaga Center for Disease Control dan Prevention, Amerika Serikat menyebutkan, sejumlah kasus hewan peliharaan yang terinfeksi virus Corona telah dilaporkan terjadi di seluruh dunia.

Sebagian besar mengalaminya setelah kontak erat dengan orang yang terbukti positif Covid-19. Anjing dan kucing, yang kerapkali menjadi hewan peliharaan di rumah, menjadi spesies yang paling rentan terpapar virus Covid-19 dari manusia.

Baca juga: Kucing Lebih Rentan Tertular Covid-19 Daripada Anjing, Apa Sebabnya?

Interaksi dengan pemilik menjadi salah satu risiko terbesar khususnya jika kita terkonfirmasi Covid-19. Selain itu, kontak dengan hewan lain atau orang lain di luar lingkungan rumah juga bisa memberikan risiko yang tak kalah berbahayanya.

Untuk menjaga hewan tersayang kita dari risiko ini, ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan, dikutip dari Instagram @AnimalFriendsJogja:

  • Batasi kontak dan interaksi dengan satwa atau orang di luar rumah

Sama seperti kita, pastikan hewan peliharaan tidak terlalu banyak berkontak dengan orang maupun hewan di luar rumah. Hal ini untuk mencegah interkasi dengan pihak lain yang mungkin saja telah terpapar virus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Hewan Peliharaan Berisiko Tertular Covid-19 dari Pemiliknya

  • Memelihara hewan di dalam rumah

Jangan biarkan hewan berkeliaran bebas karena risiko kesehatannya saat ini amat tinggi. Sediakan kandang atau lahan di dalam rumah agar kucing atau anjing kita bebas beraktivitas.

  • Jaga jarak enam kaki dari hewan atau orang lain saat berjalan-jalan di luar

Sesekali kita perlu mengajak hewan berjalan-jalan agar tidak merasa bosan dan bermanfaat untuk menghabiskan energi mereka. Pastikan untuk menggunakan harness agar mudah mengontrol pergerakannya.

Selain itu, pastikan untuk menjaga jarak enam kaki alias 1,8 meter dari orang atau hewan lain yang bertemu di sepanjang perjalanan.

Baca juga: Hewan Peliharaan Selalu Merasa Lapar, Kenapa?

  • Jauhi lokasi ramai berkumpul

Saat berjalan-jalan, hindari lokasi atau titik yang kemungkinan menjadi tempat berkumpul hewan atau orang lainnya. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 baik dari manusia atau satwa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.