Kompas.com - 12/07/2021, 08:12 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com – Mungkin, mencintai orang atau hal lain lebih mudah dibandingkan mencintai diri sendiri.

Sebab, rasanya sangat sulit menerima kekurangan diri sendiri. Belum lagi, kerap ada rasa takut dan insecure yang muncul saat memikirkan pencapaian orang lain yang terlihat jauh lebih sukses bagi kita.

Padahal, menerima dan mencintai diri sendiri itu penting. Manfaatnya misalnya, membuat kita lebih bahagia, tidak mudah stres, dan lebih produktif.

Sulit memang, karena mencintai diri sendiri tidak hanya memaksamu untuk menerima kekurangan, namun juga membuatmu nyaman dengan diri sendiri.

Namun, jika tidak mencintai diri sendiri dari sekarang, kapan?

Nah, jika ingin mencintai diri sendiri, simak 4 tips berikut.

1. Batasi media sosial

Media sosial cenderung memaksa kita untuk mendambakan validasi eksternal dan membuat kita mencari perhatian dari orang lain.

Saat mencapai titik haus perhatian ini, akan lebih baik jika kita meninggalkan media sosial sementara. Dengan ini, kita akan menyadari tujuan hidup dan jati diri kita sebenarnya.

2. Fokus pada bakatmu

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Pinkvilla
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.