Kompas.com - 12/07/2021, 17:35 WIB

KOMPAS.com - Masa pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung saat ini memang mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah, demi mencegah semakin banyaknya penularan.

Namun, bukan berarti kondisi itu membuat kita mengadopsi kebiasaan buruk, seperti kurang bergerak, yang dapat merusak kesehatan, dan bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 4 Makanan Kaya Zat Besi untuk Jaga Kekebalan Tubuh

Nah, oleh sebab itu, coba kenali dan hindari lima kebiasaan buruk saat berada di rumah saja, seperti yang diuraikan di bawah ini.

1. Tidak banyak bergerak

Menurut para ahli kesehatan, rata-rata orang di Amerika Serikat tidak banyak bergerak. Hanya sekitar 20 persen yang berolahraga untuk kesehatan optimal.

Sementara, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan American Heart Association merekomendasikan 150 menit aktivitas intensitas sedang, seperti jalan cepat per minggu, ditambah dua sesi aktivitas penguatan otot dengan latihan ketahanan.

Kebiasaan tidak banyak bergerak berbahaya karena dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes, dan demensia.

2. Merasa kesepian

Pandemi memaksa kita semua untuk lebih terisolasi secara sosial, dan mungkin membuat kita merasa kesepian.

Para ilmuwan mengatakan, perasaan kesepian dapat memicu respons stres yang menyebabkan peradangan pada tubuh.

Mereka percaya peradangan dapat berdampak negatif pada jantung, sistem kekebalan, dan otak.

Baca juga: Kesepian pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Beberapa penelitian juga menemukan, orang yang merasa kesepian memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker, penyakit kardiovaskular, dan demensia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.