Kompas.com - 13/07/2021, 09:32 WIB
Ilustrasi cuci hidung dengan NaCl. SHUTTERSTOCK/ivan_kislitsinIlustrasi cuci hidung dengan NaCl.

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, kita banyak menerima informasi kesehatan yang beredar di media sosial atau aplikasi pesan. Termasuk salah satunya adalah praktik cuci hidung.

Dr Yonian Gentilis Kusumasmara, SpTHT-KL menjelaskan, cuci hidung berfungsi untuk mengeluarkan sekret atau ingus yang ada di hidung ketika seseorang terinfeksi Covid-19.

Cuci hidung juga diyakini dapat membantu mengatasi kehilangan penciuman atau anosmia akibat Covid-19, terutama jika pasien mengalami hidung tersumbat, meler, atau bersin-bersin.

Cuci hidung dapat mengurangi viral load. Ketika viral load di hidung berkurang, risiko penularan virus ke orang lain juga dapat berkurang.

"Jadi kita bisa memutus rantai penularan dengan cuci hidung," katanya dalam Instagram Live bersama Eka Hospital Bekasi, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Latihan Penciuman Atasi Anosmia Akibat Covid-19, Cuma Perlu 20 Detik

Namun, Yonian mengingatkan untuk tidak sembarang melakukan cuci hidung dengan air garam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cuci hidung adalah proses pembilasan (flush) pada hidung menggunakan NaCl 0,9 persen.

Ia menjelaskan, NaCl secara konsentrasi adalah cairan bersifat isotonik. Artinya, konsentrasinya sama seperti cairan yang ada di tubuh kita, seperti air liur atau keringat.

Dengan begitu, hidung tidak akan terasa perih ketika masuk ke hidung.

"Saran saya jangan pakai garam sendiri di rumah. Untuk membuat NaCl 0,9 persen itu ribet, harus diukur, ditimbang gramnya, harus steril," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.