Kompas.com - 13/07/2021, 10:35 WIB
PMI menggelar vaksinasi Covid-19. Dok PMI PusatPMI menggelar vaksinasi Covid-19.

KOMPAS.com - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar vaksinasi Covid-19 untuk mendukung Pemerintah dalam penanggulan pandemi Covid-19. Sentra vaksinasi PMI juga akan digelar di berbagai daerah berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Dijelaskan oleh Sekretaris Jenderal PMI Pusat, Sudirman Said, sentra vaksinasi ini menargetkan 1.000 vaksinasi per hari.

"Pekan lalu kami memulai memanfaatkan markas PMI Pusat sebagai tempat vaksinasi. Alhamdulillah sambutan masyarakat cukup baik; dan prosesny berjalan baik dengan menjaga ketat prokes," ungkap Sudirman Said.

Dia menambahkan, PMI Pusat menjadi pilot project di kegiatan ini dan akan berlangsung sepuluh hari ke depan.

"Kami juga sedang lakukan assessment kapasitas markas-markas lain di Jawa dan Bali untuk melakukan hal yang sama," ungkapnya.

Baca juga: 4 Sentra Vaksinasi Covid-19 Massal di Depok yang Bisa Daftar Online

Agar kegiatan vaksin tidak mengganggu kegiatan PMI yang rutin seperti donor darah, Sudirman Said menyatakan sebisa mungkin vaksinasi tidak dilalukan di Unit-unit donor darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Karena UDD sangat sibuk untuk melayani donor darah dan donor plasma. Selain itu juga melayani masyarakat yang membutuhkan darah dan plasma," ungkapnya.

Dia menambahkan, PMI sedang mengupayakan sumbangan vaksin dari negara sahabat melalui jaringan Palang Merah Internasional.

Antar jemput plasma konvalesen

Sebelumnya, PMI juga meluncurkan jasa jemput-antar untuk donor plasma konvalesen secara gratis, bekerja sama dengan perusahaan jasa transportasi Blue Bird.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.