Kompas.com - 13/07/2021, 10:40 WIB
Ilustrasi berbincang. Mengajak berbincang adalah salah satu cara untuk mengenali apakah lawan bicara melakukan kebohongan. SHUTTERSTOCKIlustrasi berbincang. Mengajak berbincang adalah salah satu cara untuk mengenali apakah lawan bicara melakukan kebohongan.

KOMPAS.com – Kesan pertama dapat mempengaruhi pendapat orang tentang kita.
Kesan pertama itu bisa menentukan kelangsungan hubungan kita dengan seseorang, entah itu buruk atau baik, semua bergantung dari apa yang kita lakukan.

Jika kita melakukan hal yang membuat lawan biacara turn off alias kesal dan malas, ada kemungkinan hubungan yang hendak kita jalin berakhir begitu saja.

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa bahasa nonverbal sangat penting saat kita berbicara dengan orang lain.

Nah, apa saja bahasa tubuh yang dapat membuat orang lain jadi malas? Berikut daftarnya, seperti dilansir dari Psychology Today.

Baca juga: Cara Menggunakan Bahasa Tubuh untuk Mendapat Kepercayaan Orang Lain

1. Tidak menjaga penampilan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rambut yang kotor dan berminyak, kotoran di bawah kuku, baju basah oleh keringat, dan pakaian yang tidak rapi adalah beberapa hal yang bisa membuat orang lain malas berdekatan. Berpenampilan asal-asalan juga menunjukkan kita kurang menghargai lawan bicara.

2. Nada suara

Berbicara dengan volume suara terlalu kencang atau dengan suara yang terdengar sengau dan cengeng juga dapat membuat orang lain malas berbicara dengan kita.

Isyarat vokal yang aneh, seperti mendengus, terlalu banyak membersihkan tenggorokan, dan sejenisnya juga bisa membuat orang ingin cepat-cepat mengakhiri pembicaraan.

Tentu saja, pesan yang ingin kita katakan dalam pertemuan pertama itu penting. Namun, cara menyampaikannya juga tidak kalah penting.

Baca juga: Kurang Pede Ngobrol Online di Aplikasi Kencan? Yuk, Simak Tipsnya!

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.