Kompas.com - 13/07/2021, 11:19 WIB
Ilustrasi belanja saat new normal SHUTTERSTOCK.com/THAMKCIlustrasi belanja saat new normal

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memberikan banyak perubahan dalam aktivitas kita sehari-hari. Tujuannya untuk menekan risiko penyebaran virus khususnya di tengah meningkatnya kasus infeksi.

Kita diharuskan beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah infeksi virus. Metode daring dijadikan alternatif utama termasuk untuk bekerja, bersekolah dan berbelanja.

Sayangnya, berbelanja online tidak bisa selengkap atau memuaskan seperti pergi ke supermarket, pasar atau toserba. Apalagi jika tujuannya adalah belanja bulanan kebutuhan rumah tangga yang jenisnya bisa sangat bervariasi dan banyak.

Baca juga: Ingin Lebih Irit saat Belanja Bulanan? Ini Tipsnya

Hal ini khususnya menjadi kesulitan bagi para ibu yang sudah terbiasa dengan cara berbelanja konvensional. Padahal kebutuhan makanan dan bulanan di rumah tetap harus dipenuhi.

Sebenarnya, kita boleh saja sesekali beraktivitas di luar rumah jika memang diperlukan. Namun, lakukan sejumlah persiapan khusus dan rencanakan dengan matang agar perjalanan berbelanja bisa dilakukan secara efektif dan efisien.

Berikut adalah tujuh kiat berbelanja yang aman selama pandemi agar kita terbebas dari risiko Covid-19:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Jika memungkinkan, belanja kebutuhan via online

Saat ini ada banyak pedagang yang menyediakan jasa dan produknya secara daring. Kita bisa memesannya lewat telepon, transfer pembayaran dan produk dikirimkan ke rumah.

Tak perlu selalu lewat marketplace, kini ada banyak pedagang lokal yang menyediakan jasa ini termasuk untuk sayur dan produk segar lainnya.

Baca juga: Tak Perlu ke Pasar, Ini 5 Referensi Aplikasi Belanja Sayur Online

Jika terpaksa harus keluar rumah untuk berbelanja, lakukan dengan cepat dan tidak bertele-tele. Buat daftar kebutuhan bulanan yang harus dibeli agar waktu belanja jauh lebih singkat.

Pilih lokasi belanja, seperti supermarket atau pasar, yang sudah sering dikunjungi. Tujuannya agar kita tahu di mana letak barang yang dicari sehingga tak perlu membuang waktu mengitari pasar.

Pasar buah dan sayuran segar di Ciloto, Puncak, Cianjur.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Pasar buah dan sayuran segar di Ciloto, Puncak, Cianjur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.