Kompas.com - 14/07/2021, 09:10 WIB
Ilustrasi pertemanan. SHUTTERSTOCKIlustrasi pertemanan.

KOMPAS.com - Sama seperti relasi lainnya, relasi pertemanan juga perlu diupayakan. Dalam perjalanannya, pertemanan tentu juga diwarnai berbagai macam emosi, suka cita, hingga argumen.

Namun pada akhirnya, pertemanan seharusnya tetap memberikan kita rasa nyaman dan kebahagiaan.

Nah, berbeda cerita jika relasi pertemanan yang kita jalani adalah pertemanan toksik yang cenderung merugikan kita daripada memberi manfaat positif.

Konselor kesehatan mental berlisensi dari Humantold, Lisa Siclari menjelaskan bahwa pertemanan yang sehat tak hanya baik bagi kita, tetapi sangat diperlukan.

"Pertemanan yang baik sangat penting untuk perkembangan diri kita sebagai individu sekaligus untuk bertahan hidup sebagai manuisa," ujarnya, seperti dilansir HelloGiggles.

Ia menambahkan, penting untuk mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang selalu memberikan dukungan dan bersedia berbagi cerita tentang naik-turunnya kehidupan.

Di sisi lain, pertemanan toksik akan menahan diri kita dan membuat kita tak mendapatkan dukungan emosional yang dibutuhkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Punya Banyak Teman Bisa Bikin Sehat

Lalu, bagaimana kita mengenali relasi pertemanan yang dianggap toksik? Berikut ciri-ciri pertemanan toksik yang bisa kita perhatikan:

1. Sering bertengkar atau mengalami konflik

Sebetulnya, argumentasi adalah hal yang wajar dalam relasi apapun. Namun, ada perbedaan antara argumentasi yang sehat dan tidak sehat.

Relasi pertemanan yang sehat bisa saja melibatkan ketidaksetujuan, perbedaan opini, hingga pandangan dan nilai tetapi semua itu tak membuat diri kita sebagai individu diserang atau dihakimi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.