Kompas.com - 14/07/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi anak demam shutterstockIlustrasi anak demam

KOMPAS.com - Angka kasus penularan hingga kematian akibat Covid-19 pada anak-anak di Indonesia semakin bertambah dengan munculnya virus corona varian delta.

Hal ini tentu saja membuat orangtua harus lebih waspada, serta tetap menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan rumah dengan baik.

Apalagi, selain Covid-19, banyak bakteri maupun virus lainnya yang mungkin mengintai anak-anak kita jika kondisi rumah tidak bersih.

Dokter spesialis anak, dr Kanya Ayu Paramastri, SpA mengatakan bahwa banyak orangtua yang hanya menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat hendak pergi dari rumah saja. Namun, tidak menerapkannya kembali ketika pulang ke rumah.

"Saat kembali ke rumah, orangtua mungkin tidak langsung membersihkan diri atau mencuci pakaian dan langsung berinteraksi dengan anak," katanya dalam webinar Lifebuoy Dokter Keluarga pada Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Mengenal Gejala Covid-19 Pada Anak-Anak

"Inilah yang bisa menyebabkan anak-anak sakit, baik itu karena Covid-19 atau bukan, terutama pada mereka yang mungkin memiliki sistem imun yang rendah," sambung dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh sebab itu, Kanya mengingatkan para orangtua untuk displin menjalankan prokes saat pergi dari rumah maupun kembali ke rumah guna mengurangi risiko terkena penyakit.

"Selain membersihkan diri, barang-barang yang kita bawa ke luar rumah juga harus segera dicuci atau disemprot dengan disinfektan," sarannya.

"Untuk masker bisa dirobek dan dibuang di tempat terpisah dari sampah lain. Jika ada anak bayi atau balita, kita dapat tetap menggunakannya di rumah sebagai pengaman," lanjut dia.

Baca juga: Catat, 5 Cara Cegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Rumah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.