Kompas.com - 14/07/2021, 19:17 WIB
Ilustrasi membersihkan kamar bekas isolasi mandiri. FREEPIK/PROSTOOLEHIlustrasi membersihkan kamar bekas isolasi mandiri.

KOMPAS.com - Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala dapat melakukan isolasi mandiri (isolasi) di rumah masing-masing.

Meski pasien hanya bergejala ringan atau tak bergejala, ruangan yang sempat digunakan untuk isoman harus tetap dibersihkan sesuai prosedur yang tepat.

Disinfeksi akan membunuh kuman-kuman yang tersisa di permukaan benda dan mengurangi penyebarannya.

Cara membersihkan ruang bekas isoman yang tepat dan dapat kita praktikkan di rumah:

1. Jangan langsung membersihkan

Setelah masa isoman selesai, pasien sudah tidak perlu dipisahkan dari anggota keluarga lainnya.

Tapi, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), sebelum membersihkan ruangannya, pastikan kita menunggu selama mungkin atau setidaknya beberapa jam sebelum membersihkan dan mendisinfeksinya.

Jika memasuki ruangan tersebut kurang dari 24 jam, pastikan menggunakan masker, membuka jendela, dan menyalakan kipas angin untuk melancarkan aliran udara di dalam ruangan. Selain itu, pastikan mendisinfeksi dengan teman dan aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kamar dibersihkan antara 24 jam hingga tiga hari setelah digunakan, bersihkan area-area yang sempat digunakan oleh pasien isoman. Disinfeksi tak diperlukan jika ruangan dibersihkan dalam jarak waktu ini.

Sementara jika kamar dibersihkan setelah tiga hari, kita cukup membersihkannya seperti melakukan pembersihan rumah rutin.

Baca juga: Kriteria Isoman Bisa Dinyatakan Selesai dan Durasinya

2. Memakai masker, sarung tangan, hingga goggle

Seperti yang telah disarankan CDC, jika kita membersihkan kamar bekas isoman dalam waktu beberapa jam, pastikan menggunakan masker.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.