Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2021, 08:41 WIB
Intan Pitaloka,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing memang tidak dapat mengungkapkan cintanya melalui kata-kata, namun anjing memiliki banyak cara tak terduga untuk menunjukkan bahwa dia peduli.

Dari bahasa tubuh yang halus hingga perilaku penuh semangat, anjing mungkin saja menghujani kita dengan rasa sayang.

Berikut adalah beberapa cara anjing menunjukkan bahwa dia mencintai atau mempercayai seseorang.

1. Mengenali nama kita 

Tidak mengherankan jika hewan peliharaan dapat mengetahui namanya sendiri. Tetapi banyak anjing ternyata juga mengenali nama pemiliknya.

Jamie Richardson, dokter hewan dan kepala staf medis di Small Door Veterinary, mengatakan bahwa anjing sering merasa senang ketika nama orang kesayangannya disebutkan.

"Seiring waktu, anjing belajar mengenali nama manusia. Jika anjing mendengar nama orang yang dia cintai disebutkan, anjing akan senang membayangkan bahwa orang tersebut muncul," kata Richardson.

Baca juga: Ternyata, Anjing Memang Lahir untuk Berinteraksi dengan Manusia

2. Membawakan barang-barang yang perlu "diperbaiki"

Michelle L. Szydlowski, instruktur anthrozoology di Beacon College di Leesburg, Florida, mengatakan bahwa beberapa anjing menunjukkan kepercayaan pada pemiliknya dengan membawa benda "rusak".

"Beberapa anjing akan menunjukkan kasih sayangnya kepada kita dan percaya pada kecerdasan kita dengan membawakan barang-barang yang perlu 'diperbaiki'," kata Szydlowski.

Misalnya, seekor anjing dapat membawakan pemiliknya binatang mati atau mainan rusak dan merengek kepada pemiliknya untuk "menyelesaikan masalah" tersebut.

3. Anjing menjaga saat kita makan

Anjing sering ingin melindungi orang yang dicintainya, bahkan jika tidak ada ancaman yang nyata. Beberapa anjing menunjukkannya dengan menjaga kita saat kita makan atau pun bersantai.

"Perilaku menjaga sering kali merupakan tanda bahwa anjing merasa bahwa kita adalah bagian dari kawanannya,"

"Anjing penjaga mungkin duduk di samping meja, membelakangi kita saat makan atau langsung berdiri di depan anjing lain jika kita duduk di dekatnya," kata Szydlowski.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com