Kompas.com - 15/07/2021, 09:36 WIB
Ilustrasi kucing menggigit tangan. SHUTTERSTOCK/SOLOVEVA KSENIIAIlustrasi kucing menggigit tangan.

KOMPAS.com - Kucing merespons sentuhan manusia dengan cara yang berbeda-beda.

Salah satu respons yang kerap membingungkan kita adalah gigitan. Respons tersebut membuat kita bertanya-tanya, kenapa kucing suka menggigit tangan kita.

Ternyata, menggigit adalah perilaku normal pada anak kucing. Bagi anak kucing, mulut dan cakar adalah objek untuk mengeksplorasi dunia sehingga menggigit adalah hal yang alami.

Kucing bisa belajar untuk menahan kekuatan giginya dan menggunakan cakar secara lembut, tanpa melukai kita. Jadi, kucing bisa saja bermain dengan kita menggunakan gigitan dan cakarnya tanpa membuat kita berdarah.

Baca juga: Jangan Kesal jika Kucing Menunjukkan Bokong, Ternyata Ini Artinya

Alasan anak kucing menggigit

Kucing dan anak kucing menggigit karena alasan yang sangat berbeda. Penting bagi kita untuk mencoba memahami perilaku ini.

Biasanya, anak kucing menggigit karena masalah sosialisasi, sementara kucing dewasa menggigit untuk alasan berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika hendak merawat anak kucing, pastikan segera melatihnya. Kucing dewasa yang bersosialisasi dengan baik juga memahami aturan dan akan mengajarkan yang terbaik pada anak kucing.

Bagi anak kucing, menggigit juga bisa jadi cara untuk mengomunikasikan kebutuhannya, sebagai cara untuk menjelajahi lingkungan, atau sedang tumbuh gigi.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Alasan kucing dewasa menggigit

Bagi kucing dewasa, gigitan mungkin jadi cara mereka menyampaikan pesan tertentu, beberapa di antaranya:

  • Cara menegaskan dominasi atau respons terhadap ancaman. Jika kucing menggigit dan tidak mundur, ini bisa menjadi masalah.
  • Beberapa kucing menggigit untuk menghentikan tindakan atau perilaku tertentu yang tidak diinginkannya dari manusia atau hewan lain. Cara ini cenderung dilakukannya terutama jika di masa lalu pernah efektif. Misalnya, jika sebelumnya kucing menggigit saat kukunya dipotong, kemudian manusia berhenti memotong kukunya setelah digigit, kucing belajar bahwa cara itu efektif.
  • Sebagian kucing menggigit sebagai cara berkomunikasi atau meminta perhatian. Alih-alih mengeong, beberapa kucing memilih untuk menggigit. Namun, untuk konteks ini, jika kucing menggigit kita lalu mencoba mengarahkan kita ke suatu aktivitas atau benda, mungkin kucing mengajak kita untuk bermain.

Kucing bisa dilatih agar gigitan atau cakarannya tidak melukai.SHUTTERSTOCK/CHOMPHUPHUCAR Kucing bisa dilatih agar gigitan atau cakarannya tidak melukai.
Menghentikan kebiasaan menggigit

Terlepas dari penyebabnya, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kucing menghentikan kebiasaan menggigitnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.