Kompas.com - 15/07/2021, 10:26 WIB
Ilustrasi minuman beralkohol Unsplash/RadovanIlustrasi minuman beralkohol

KOMPAS.com - Mengonsumsi alkohol sangat berkaitan erat dengan berbagai jenis penyakit, terutama kanker.

Hal tersebut juga ditemukan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal The Lancet Oncology bahwa lebih dari empat persen kasus baru kanker pada tahun 2020 disebabkan oleh konsumsi alkohol.

Para peneliti menganalisis data yang tersedia tentang pengonsumsian alkohol tingkat populasi pada tahun 2010 dan tahun 2020.

Mereka mengasumsikan selama periode 10 tahun konsumsi alkohol muncul berbagai jenis kanker seperti kanker mulut, kanker kerongkongan, kanker laring, kanker hati, dan kanker payudara yang banyak terjadi di antara wanita.

Dari 741.300 kasus kanker baru yang disebabkan karena alkohol, pria mewakili 568.700 kasus dan wanita menyumbang 172.600 kasus.

Baca juga: Studi Terbaru: Konsumsi Alkohol di AS Meningkat Saat Lockdown Covid-19

Hampir 47 persen dari kanker tersebut disebabkan oleh alkohol yang dikonsumsi secara berlebihan atau lebih dari enam gelas per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para peneliti mengungkapkan bahwa mengonsumsi dua hingga enam gelas alkohol per hari memiliki risiko sebesar 39,4 persen terhadap kanker.

Sementara, minum moderat dengan dua hingga lebih sedikit gelas per hari berkontribusi hampir 14 persen terhadap kanker.

"Kami perlu meningkatkan kesadaran tentang hubungan antara konsumsi alkohol dan risiko kanker di antara pembuat kebijakan maupun masyarakat umum."

Demikian penuturan penulis studi yang juga merupakan seorang mahasiswa doktoral di Badan Internasional untuk Penelitian Kanker WHO, Harriet Rumgay.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.