Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kanker hingga Sehatkan Usus, Berikut 5 Manfaat Makan Apel

Kompas.com - 15/07/2021, 11:20 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Eat This

KOMPAS.com - Apel merupakan salah satu buah dengan banyak nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan seperti antioksidan, vitamin, mineral, serat, dan senyawa baik lainnya.

Sumber antioksidan di dalam apel juga mampu menghentikan reaksi radikal bebas dengan molekul lain, mencegah kerusakan DNA, memperlambat penuaan, dan melindungi kita dari penyakit kronis.

Adapun manfaat lainnya dari apel dapat kita ketahui sebagai berikut ini.

1. Mencegah kanker

Apel adalah sumber fitokimia atau senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi oksidasi lemak darah.

Pengamatan epidemiologis juga menunjukkan bahwa makan apel dapat mengurangi risiko kanker tertentu.

Sebuah tinjauan studi yang diterbitkan di Planta Medica menemukan bahwa orang yang makan satu atau lebih buah apel sehari memiliki risiko lebih kecil terkena berbagai jenis kanker dibandingkan orang yang makan lebih sedikit apel.

Baca juga: Makan 1 Apel Sehari Efektif Kurangi Frekuensi ke Dokter, Benarkah?

2. Menurunkan kolesterol dan gula darah

Jangan pernah makan apel dengan mengupas kulitnya karena dua pertiga dari serat dan sebagian besar antioksidan penangkal radikal bebas ditemukan pada kulit apel.

Kulit apel adalah sumber pektin yang baik atau serat larut yang dapat membantu mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kolesterol "jahat" LDL dan juga meningkatkan kontrol gula darah, serta mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Dengan menyisir air dalam sistem pencernaan, pektin membentuk gel yang memperlambat pencernaan dan mencegah karbohidrat cepat diserap ke dalam aliran darah.

3. Dapat menurunkan berat badan

Ahli nutrisi Lisa R. Young PhD, RDN mengatakan bahwa apel sebagian besar terdiri dari air dan serat yang relatif rendah kalori.

Sehingga, buah ini dapat menjadi camilan yang mengenyangkan dan sempurna untuk menurunkan berat badan.

Cobalah makan apel kecil sebagai hidangan pembuka sebelum makan malam, maka kita dapat mengisi perut sekaligus menghemat kalori.

Halaman:
Sumber Eat This
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com