Kompas.com - 15/07/2021, 13:29 WIB
Dharavi, salah satu daerah di Mumbai, India. Shutterstock/Tom Young WildlifeDharavi, salah satu daerah di Mumbai, India.

KOMPAS.com - Semua orang berharap bisa hidup berbahagia dengan tinggal di kota yang nyaman dan aman. Sayangnya, banyak dari kita terjebak untuk tinggal di kota yang tidak menyenangkan dan cenderung menyebabkan stres bagi penduduknya.

Ada banyak faktor negatif pula yang membuat suatu kota menjadi tidak nyaman sehingga penduduknya cenderung tidak bahagia. 

Vaay, produsen minyak esensial dan suplemen CBD berbasis di Berlin, melakukan serangkaian survei untuk menentukan daftar kota di dunia yang paling membuat stres. Hasilnya dilaporkan dalam riset berjudul The Least and Most Stressful Cities Index 2021.

Para peneliti menilainya berdasarkan 15 indikator stres, termasuk keselamatan, tingkat pengangguran, cuaca, kesetaraan gender, dan akses kesehatan. 

Sebagai bagian dari indikator, Covid-19 Response Stress Impact juga dipertimbangkan menilik kondisi yang terjadi belakangan ini. 

Baca juga: Jakarta Jadi Kota Termahal Ke-20 di Dunia, Wagub DKI Heran

Penilaikan dilakukan pada 500 kota besar di dunia sebelum mempersempitnya menjadi 100 kota teratas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya, Mumbai, India dinobatkan sebagai most stressful city in the world. Posisinya disusul oleh Lagos, Nigeria, dan Manila, ibukota Filipina sebagai kota dengan tingkat stres tinggi.

Sayangnya, ibukota kita tercinta Jakarta, juga masuk dalam 10 besar, tepatnya di posisi ke sembilan. Jadi tak heran jika banyak warga kota metropolitan ini yang mengeluhkan tekanan hidup yang dirasakan kala tinggal di sana.

Agaknya, segudang permasalah Jakarta seperti masalah kemacetan, polusi udara, pencemaran lingkungan hingga maraknya pemukiman kumuh menjadi sejumlah faktor yang menentukan posisinya ini.

Baca juga: Seperti Apa Kehidupan di Negara Paling Bahagia Sedunia? WNI di Finlandia Bercerita...

Berikut adalah daftar 10 kota paling membuat stres di dunia menurut Vaay:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.