Kompas.com - 16/07/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi sekumpulan anak muda yang sedang memainkan media sosial menggunakan smartphone. Dok. iStock/Nattakorn ManeeratIlustrasi sekumpulan anak muda yang sedang memainkan media sosial menggunakan smartphone.

KOMPAS.com – Apakah kamu sering merasa ponsel selalu bergetar tanda ada notifikasi pesan meski tidak ada satupun pesan yang masuk? Hati-hati, itu bisa jadi salah satu gejala kecanduan ponsel.

Ponsel memang salah satu benda yang tidak bisa lepas dari hidup manusia modern karena berbagai manfaatnya, mulai dari berkomunikasi, mencari informasi terkini, hingga hiburan, seperti menonton video di YouTube atau bermain game.

Namun, tanpa disadari kita menjadi tak bisa hidup tanpa ponsel alias sudah kecanduan. Ketahui apa saja tanda-tandanya:

Baca juga: Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Memberikan Ponsel ke Anak

1. Ponselmu, penyelamatmu

Saat menunggu rapat dimulai, alih-alih ngobrol dengan rekan kerja, yang kita lakukan hanyalah menatap layar ponsel dan melihat email tidak penting.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cobalah untuk membatasi bermain ponsel dalam situasi yang canggung dan cobalah tingkatkan kepercayaan diri dengan berbincang bersama orang lain. Interaksi tatap muka tentu lebih memuaskan dibanding menjelajahi linimasa Twitter.

2. Ponsel selalu bersama kita

Kita memang tetap berusaha sopan untuk tidak menjawab berbagai pesan di Whatsapp saat menghadiri sebuah acara makan malam. Namun, tetap saja ponsel ada di saku atau di atas meja, agar selalu terlihat oleh kita.

Kecemasan saat berpisah dengan ponsel dapat menjadi tanda utama kita harus berpisah sementara. Jarak akan membuat kita makin terasa dekat lho.

Baca juga: Seburuk Apa Cahaya Biru dari Gawai Hingga Lampu LED ke Mata

3. Lupa waktu

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.