Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2021, 13:38 WIB

KOMPAS.com - Didi Riyadi merilis surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo menolak perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Jawa dan Bali.

Musisi dan aktor ini menyampaikan pendapatnya itu melalui surat yang diunggah di akun Instagramnya. Curahan hatinya itu datang dari kepeduliannya dan pengalamannya sebagai masyarakat yang terdampak berbagai kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Dalam suratnya, Didi menolak perpanjangan PPKM darurat yang sedang diwacanakan oleh pemerintah.

Menurutnya, pembatasan itu hanya akan membuat masyarakat Indonesia sulit bertahan hidup. Khususnya karena kesulitan mencari penghidupan dan mendapatkan penghasilan.

Baca juga: Surat Terbuka Didi Riyadi Tolak Perpanjangan PPKM Darurat

"Simple saja Pak, sudah pasti banyak yang kena imbasnya terlebih lagi soal perut, banyak yang tidak bisa kerja, tidak bisa menafkahi keluarga," kata Didi dalam suratnya.

Dalam argumennya, ia mengatakan banyak orang sudah kehilangan mata pencahariaan sejak awal pandemi. Selain itu, PPKM dan regulasi serupa yang diberlakukan pemerintah tidak terbukti efektif membendung penyebara virus Covid-19.

Alih-alih memperpanjang status PPKM darurat yang membuat masyarakat sengsara, Didi mengusulkan beberapa hal kepada Presiden Jokowi yakni:

  • Menerapkan pembatasan yang lebih ramah

Lockdown, karantina, PPKM atau apapun namanya seharusnya bisa diupayakan dalam bentuk yang lebih ramah. Khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah khususnya buruh harian lepas dan para pedagang.

Didi mengatakan, sejumlah kalangan itu hidup dari pendapatannya sehari-hari, bukan gaji bulanan.

"..terlepas pekerjaanya tidak kritikal dan tidak esensial bagi negara tapi kritikal dan esensial bagi keluarganya," ujar Didi seperti dikutip dari unggahannya.

Baca juga: INFOGRAFIK: Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban di Wilayah PPKM Darurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.